Home Dalam Negeri Survei SMRC Terbaru: PDIP Tertinggi Jelang Pemilu 2024

Survei SMRC Terbaru: PDIP Tertinggi Jelang Pemilu 2024

120
0
Survei SMRC Terbaru PDIP Tertinggi Jelang Pemilu 2024
Survei SMRC Terbaru PDIP Tertinggi Jelang Pemilu 2024

SMARTLAPAK.COM – Survei SMRC Terbaru: PDIP Tertinggi Jelang Pemilu 2024 Belum lama ini hasil survei SMRC atau saiful mujani research and Consulting mengungkapkan apabila elektabilitas PDIP Perjuangan atau PDIP tertinggi jelang Pemilu 2024 dimana hal ini pastinya menjadi nilai unggul bagi partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut dikarenakan dari beberapa survei yang telah dilakukan, partai ini memang tetap masih unggul jika dibandingkan Sejumlah partai yang lain.

Survei smrc terbaru PDIP tertinggi jelang Pemilu 2024 menjadi survei terkini yang dirilis oleh Saiful mujani research and Consulting dimana menurut direktur survei smrc yaitu Deni Irvani, apabila dalam hasil riset terbaru survei mereka hampir semua responden menjawab partai apa yang dipilih jika pemilihan anggota DPR diadakan sekarang ini dan yang paling unggul adalah PDIP Perjuangan.

Survei SMRC Terbaru: PDIP Tertinggi Jelang Pemilu 2024

Menurut Deni dari hasil survei yang dilakukan oleh Saiful mujani research and Consulting partai PDIP terlihat lebih unggul dalam survei Desember di mana mereka memperoleh dukungan sebanyak 24,1 persen selanjutnya di posisi kedua yaitu Partai Golkar sebanyak 9,4 persen dan di posisi ketiga yaitu partai Gerindra yang memperoleh 8,9 persen.

Yang paling mencengangkan yaitu di posisi keempat ada nama partai Demokrat yang memperoleh 8,9 persen dan menurut Deni apabila jarak antara Golkar selanjutnya partai Gerindra dan Partai Demokrat terlihat signifikan dari partai PDIP Perjuangan.

Selanjutnya di posisi keenam ada partai PKS yang memperoleh 6,2 persen, selanjutnya partai.pkb 6,1 persen, selanjutnya partai perindo memperoleh 4,6 persen dan menyusul dibawahnya yaitu Partai Nasdem yang hanya memperoleh 3,2 persen selanjutnya partai PPP 2,9 persen dan partai PAN 1,7 persen.

Selanjutnya untuk Sejumlah partai lain diantaranya partai PBB, partai Hanura, partai Garuda, partai buruh, partai Gelora, dan Partai PSI, hanya memperoleh dukungan di bawah 1% dan selanjutnya untuk 20,9 persen dari responden yang lain belum mengetahui pilihan partai yang mereka inginkan.

Selanjutnya menurut Deni dukungan kepada partai PDIP naik dari 19,3 persen menjadi 24,1 persen jika dibandingkan dari hasil pemilu 2019 yang lalu. Selanjutnya elektabilitas Demokrat sedikit naik dari awalnya 7,8 persen menjadi 8,9 persen dan elektabilitas partai lain yang ada di parlemen cenderung menurun.

Selanjutnya partai non parlemen masih belum terlihat kompetitif dikarenakan mereka masih memperoleh elektabilitas dibawah 1% dan Partai non parlemen yang elektabilitas nya cukup menonjol di survei Desember 2022 yaitu partai perindo yang memperoleh 4,6 persen.

Jika dibandingkan elektabilitas perindo dengan pemilu 2019 maka partai ini cenderung mengalami kenaikan yaitu 2,7 persen. Selanjutnya untuk partai Gerindra dan Partai Nasdem menjadi dua partai yang sudah merdeka racikan calon presiden untuk pemilihan presiden yang akan datang akan tetapi sejauh ini efek deklarasi capres tersebut nampaknya tidak terlihat mempunyai dampak yang signifikan.

Selanjutnya menurut Deni apabila sampai saat ini belum ada indikasi suara Gerindra dan Nasdem menjadi lebih kuat dikarenakan sudah deklarasi Anies Baswedan atau deklarasi Prabowo Subianto dibanding hasil pemilu 2019.

Selanjutnya survei srmc dilakukan pada tanggal 3 desember sampai 11 Desember 2022 di mana supaya ini diikuti sebanyak 1220 responden yang dipilih secara acak atau multistage random sampling dan responden yang bisa diwawancarai secara valid yaitu 1029 atau 84% sehingga sebanyak 1029 responden dianalisis.

Selanjutnya untuk margin of error dari survei terbaru mrsc dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95% atau asumsi simple random sampling.

Previous articleKPU Siap Hadiri Tantangan Partai Ummat di Bawaslu
Next articlePKB Sindir Anies Yang Bilang Pemerintah Anti Kritik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here