Home Kesehatan Penyebab Rambut Anak Rontok Yang Wajib Diketahui

Penyebab Rambut Anak Rontok Yang Wajib Diketahui

227
0
Penyebab Rambut Anak Rontok
Penyebab Rambut Anak Rontok

SMARTLAPAK.COM – Penyebab Rambut Anak Rontok Yang Wajib Diketahui Harus anda ketahui apabila rambut rontok bukan hanya terjadi pada orang dewasa akan tetapi bisa terjadi pada anak-anak dikarenakan beberapa sebab tertentu. Rambut rontok pada anak mungkin mempunyai pola yang sedikit berbeda jika dibandingkan kerontokan rambut pada orang dewasa dan oleh karena itu, sangat recommended bagi anda wajib mengetahui penyebab rambut anak rontok dan akan kami bahas pada artikel kali ini.

Penyebab rambut anak rontok sedikitnya ada 6 penyebab dan semua tersebut harus diketahui oleh orang tua dikarenakan kerontokan rambut pada anak sedikit berbeda dengan kerontokan rambut pada orang dewasa di mana kerontokan rambut pada anak-anak biasanya disebabkan adanya infeksi jamur ataupun infeksi bakteri.

Penyebab Rambut Anak Rontok

Berikut adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan kerontokan pada rambut anak yang harus anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut.

Kurap kulit di area kepala

Penyakit kurap merupakan infeksi jamur yang umum menular di area kulit dan Kondisi tersebut mengakibatkan ruam merah berbentuk cincin dan kebanyakan kurap akan menyerang kulit kepala dan biasa dikenal sebagai tinea capitis.

Biasanya anak yang terkena kurap di area kepala membuat anak akan menggaruk kulit kepala secara berkala dan selanjutnya menimbulkan infeksi dan kerusakan kulit kepala dan Hal inilah yang mengakibatkan rambut rontok pada anak.

Biasanya Solusi yang dilakukan ketika anda membawa ke dokter kulit dokter akan memberikan resep krim anti jamur untuk kulit kepala dan Selanjutnya apabila kurap hilang maka rambut kepala akan mulai tumbuh kembali.

Alopecia areata

Penyakit selanjutnya yaitu alopecia areata yaitu jenis kerontokan rambut yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut dan terkadang bisa mengakibatkan kebotakan total atau membuat rambut menjadi tipis dan beberapa anak juga kehilangan alis dan bulu mata.

Solusi ketika terkena alopecia areata maka biasanya dokter akan melakukan identifikasi dan memberikan obat untuk penyakit tersebut namun biasanya akan dilakukan perawatan agar membantu mengelola gejala.

Menarik rambut

Kebiasaan anak menarik rambut atau memutar rambut ternyata hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada folikel rambut dan bisa mengakibatkan rambut rontok. Biasanya anak menarik rambut Hal ini dikarenakan adanya kecemasan berlebih dan kondisi tersebut di dunia medis disebut dengan trikotilomania.

Traction alopecia

Jenis kerontokan Transition alopecia yaitu ketika kulit kepala mengalami ketegangan atau tarikan jangka panjang seperti dikarenakan rambut di kepang atau di kuncir kuda yang sangat ketat dalam waktu yang lama dan biasanya kerontokan rambut dikasih diakibatkan hal ini berada di area yang mendapat tekanan paling besar.

Cedera kulit kepala

Selanjutnya kerontokan yang mengakibatkan rambut anak rontok yaitu dikarenakan cedera kulit kepala seperti terkena luka bakar atau pukulan signifikan di area kepala dikarenakan hal tersebut bisa merusak folikel rambut dan kau bisa menyebabkan kerontokan rambut yang sangat signifikan di area lokasi cedera akan tetapi ketika cedera sembuh maka rambut anak akan tumbuh kembali.

Telogen effluvium

Kerontokan jenis ini merupakan bentuk kerontokan rambut sementara yang terjadi setelah ketegangan fisik atau emosional di mana rambut sehat tumbuh pada jadwal yang dapat diprediksi yaitu sel rambut bisa tumbuh selama 2 sampai 6 tahun dan hal tersebut merupakan fase anagen.

Ada beberapa penyebab potensial telogen effluvium diantaranya adalah cedera fisik, selanjutnya stress emosional, demam atau infeksi, dan lain sebagainya.

Previous articleKorban Begal Jadi Tersangka Sujud Pada Ibunda
Next articleKode Reedem FF Januari 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here