Home Kesehatan Cara Mudah Menurunkan Demam Pada Bayi Yang Jarang Diketahui

Cara Mudah Menurunkan Demam Pada Bayi Yang Jarang Diketahui

221
0
Cara Mudah Menurunkan Demam Pada Bayi
Cara Mudah Menurunkan Demam Pada Bayi

SMARTLAPAK.COM – Cara Mudah Menurunkan Demam Pada Bayi Yang Jarang Diketahui Demam merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami oleh siapapun baik dewasa sampai bayi. Namun kebanyakan dari masyarakat kita ketika demam melanda pada bayi maka akan lebih memprihatinkan dikarenakan mereka kesulitan Bagaimana cara menurunkan demam pada bayi tersebut.

Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet berikut ini adalah cara mudah menurunkan demam pada bayi yang memang jarang diketahui dan sebelumnya anda harus mengetahui apabila biasanya, demam pada bayi mempunyai tanda dengan naiknya suhu diatas 38 derajat di saat diukur dengan memakai termometer di area dahi ataupun bisa di atas 37,2 derajat Celcius apabila diukur dengan termometer di area ketiak.

Di saat bayi demam maka biasanya bayi akan lebih rewel atau banyak menangis ketimbang saat sehat dan hal ini haruslah diketahui oleh semua orang tua.

Penyebab bayi demam

Berikut adalah beberapa penyebab demam pada bayi dan biasanya kebanyakan berasal dari infeksi kuman seperti bakteri dan juga virus dikarenakan daya tahan tubuh bayi lebih cenderung lemah sehingga tubuhnya sangat rawan menghadapi berbagai macam infeksi.

Selanjutnya penyebab bayi demam diantaranya adalah:

  • Infeksi virus terus aja dari Dian penyakit flu atau diare maka biasanya demam pada infeksi flu akan muncul dalam waktu 24 jam pertama usai bayi terpapar virus.
  • Infeksi bakteri seperti biang penyakit pada radang tenggorokan dan juga terjadinya infeksi saluran kencing
  • Selesai divaksin maka kebanyakan bayi yang baru menjalani vaksinasi akan merasakan efek samping demam setelah melakukan vaksin selang waktu 12 jam sampai 3 hari kemudian dan kondisi tersebut merupakan kondisi normal dan vaksin sedang bekerja membentuk imunitas.
  • Sepsis atau infeksi aliran darah menjadi penyebab demam pada bayi berusia kurang dari 3 bulan yang memang harus anda waspadai dimana setiap bayi kurang dari 3 bulan yang mengalami demam perlu dilakukan konsultasi kepada pihak kedokteran.
  • Akibat kepanasan dikarenakan suhu udara sangat panas atau bayi menggunakan baju yang bikin mereka gerah hal ini bisa mengakibatkan demam dan biasanya untuk demam seperti ini bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Cara menurunkan demam bayi

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan demam pada bayi yang patut Anda coba di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan Anda mencukupi kebutuhan cairan si kecil jangan sampai terkena dehidrasi ada bisa memberikan bayi ASI lebih sering dan apabila bayi tidak lagi menyusui maka berikanlah minuman lebih sering dan lebih banyak.
  2. Silakan Anda membuat bayi lebih nyaman dan tenang Jangan diberi Selimut atau baju yang tebal dikarenakan dapat menyebabkan demam semakin parah
  3. Anda bisa kompres bayi dengan air biasa atau air hangat dan jangan diberikan kompres air dingin atau kompres es dikarenakan dapat membuat bayi menggigil
  4. Apabila akan memberikan obat penurun demam maka wajib direkomendasikan sesuai resep dokter dan hindarilah memberikan obat sembarangan kepada bayi dikarenakan dosis obat harus sesuai dengan berat badan sampai kondisi kesehatan sang bayi.

Kapan waspada saat bayi demam.

Kepada seluruh orang tua ataupun para pengasuh bayi maka mereka wajib waspada jika memperoleh demam pada bayi seperti berikut ini. Sangat recommended untuk secepatnya dibawa ke rumah sakit atau dokter terdekat apabila muncul tanda bahaya demam pada bayi di bawah ini.

  • Bayi mengalami demam disertai kejang-kejang
  • Bayi mengalami demam tidak segera turun setelah 2 hari
  • Bayi mengalami demam disertai ruam atau bintik merah ataupun pendarahan di area hidung atau mengalami buang air besar berwarna gelap.
Previous articleNadeo Argawinata Kiper Timnas Indonesia Sangat Suka Sosok Ini
Next articleMejores prácticas de pruebas ágiles y por qué son importantes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here