Home Kesehatan Cara Mencegah dan Area Rawan Sarang Nyamuk Ketika Musim Hujan

Cara Mencegah dan Area Rawan Sarang Nyamuk Ketika Musim Hujan

217
0
Area Rawan Sarang Nyamuk
Area Rawan Sarang Nyamuk

SMARTLAPAK.COM – Cara Mencegah dan Area Rawan Sarang Nyamuk Ketika Musim Hujan Indonesia dan beberapa negara lain saat ini tengah dilanda musim penghujan yang dikabarkan sampai awal tahun 2022. Musim hujan bukan hanya mengancam untuk masalah banjir ataupun jalan yang menjadi becek, akan tetapi musim hujan ini dipastikan menjadi momen emas bagi nyamuk untuk berkembang biak dan selanjutnya melakukan aksinya mengganggu manusia sehingga hal ini haruslah diperhatikan supaya kita terhindar dari beberapa penyakit yang diakibatkan nyamuk seperti salah satunya demam berdarah. Ada beberapa area rawan sarang nyamuk di saat musim hujan yang harus anda perhatikan dan selanjutnya anda pun harus bisa mengetahui cara mencegahnya.

Untuk cara mencegah perkembangbiakan nyamuk di musim hujan dan mengetahui area rawan sarang nyamuk dipastikan anda pun sudah mengetahuinya di mana ketika banyak lokasi yang terdapat genangan air akibat penghujan maka lokasi tersebut bisa menjadi tempat yang sangat ideal untuk nyamuk bertelur dan berkembang biak.

Hal tersebut wajib untuk Anda waspadai dikarenakan nyamuk merupakan serangga pembawa beragam penyakit yang sangat mematikan diantaranya adalah demam berdarah dan oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk menjaga kebersihan rumah dan juga menjaga area sekitar rumah supaya nyamuk tidak menemukan tempat untuk berkembang biak.

Area rawan sarang nyamuk ketika musim hujan

Berikut ini adalah beberapa tempat yang biasa menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak dan wajib Anda waspadai diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bak kamar mandi dan juga toilet
  2. Tempat penampungan air yang ada di dalam atau luar rumah
  3. Air jebakan semut yang dapat ditaruh di kaki meja
  4. Air pembuangan kulkas
  5. Tempat minum burung yang memang jarang anda ganti
  6. Pot bunga yang mengandung air
  7. Wadah limpahan air di dispenser air minum
  8. Beberapa barang bekas di sekitar rumah Anda di antaranya ban botol sampai penampungan air.

Harus anda waspadai apabila area tersebut sangat berpotensi menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak dan harus anda ketahui, ekor jentik betina 14 Hari akan berubah menjadi nyamuk dewasa dan selanjutnya 1 ekor Nyamuk betina dewasa dalam sekali bertelur bisa menghasilkan 150 butir telur sehingga jika dijumlahkan dalam 1 bulan maka telur tersebut dapat berkembangbiak sampai 4 kali lipat yaitu bisa menjadi 600 telur.

Cara mencegah nyamuk bersarang

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan supaya terhindar dari nyamuk nakal yang membawa penyakit di musim penghujan diantaranya adalah dengan melakukan gerakan 3M yaitu sebagai berikut:

Menguras

Cara pertama yang harus kalian lakukan yaitu menguras atau membersihkan tempat yang biasa dijadikan tempat penampungan air diantaranya bak mandi, ember air, penampungan air lemari es, dan lain sebagainya.

Menutup

Selanjutnya kalian pun bisa menutup rapat tempat penampungan air seperti Kendi dan sejenisnya

Mengubur

Silakan kalian kubur atau memanfaatkan barang bekas diantaranya kaleng batok kelapa gelas air mineral yang memang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Previous article8 Penyebab Penyakit Radang Kelopak Mata
Next articleKlarifikasi BKN Terkait PNS Akan Digantikan Robot

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here