Home Kesehatan 8 Penyebab Penyakit Radang Kelopak Mata

8 Penyebab Penyakit Radang Kelopak Mata

282
0
Blefaritis
Blefaritis

SMARTLAPAK.COM – 8 Penyebab Penyakit Radang Kelopak Mata Penyakit radang kelopak mata atau dalam dunia medis disebut blefaritis menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang siapapun akan tetapi untuk masalah penyebabnya memang bisa berbeda pada setiap orang. Penyakit blefaritis adalah peradangan yang terjadi pada kelopak mata di mana kelopak mata merupakan lipatan kulit yang mempunyai fungsi untuk menutupi mata dan melindungi mata dari serpihan dan cedera.

Penyebab penyakit radang kelopak mata sebetulnya berbeda satu dengan yang lain akan tetapi secara global terdapat 8 penyebab yang mengakibatkan penyakit blefaritis dan pastinya harus anda ketahui supaya lebih berhati-hati. Blefaritis merupakan peradangan yang terjadi di area kelopak mata di mana bapak mata adalah lipatan kulit yang mempunyai fungsi untuk menutupi mata dan menjadi pelindung dari cedera.

Pada kelopak mata mempunyai bulu mata dengan folikel rambut yang ada di tepi kelopak mata dan selanjutnya folikel tersebut mengandung kelenjar minyak dan kelenjar minyak ini, terkadang dapat tersumbat atau teriritasi yang nantinya dapat memicu gangguan kelopak mata tertentu termasuk salah satunya adalah blefaritis.

Pengertian penyakit blefaritis

Blefaritis adalah kondisi yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan di area mata dikarenakan terjadinya peradangan yang terjadi di kelopak mata dan untuk penyebabnya terbilang beragam.

Penyebab penyakit radang kelopak mata

Selanjutnya berikut ini adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan penyakit blefaritis yang mungkin belum Anda ketahui di antaranya adalah sebagai berikut:

Dermatitis seboroik

It yaitu adanya dermatitis seboroik yaitu penyakit yang dapat membuat kulit mengering dan selanjutnya mengelupas dan biasanya gangguan kulit tersebut dapat mengiritasi kelopak mata dan mengakibatkan terjadinya peradangan.

Terjadinya infeksi virus

Penyebab kedua yang bisa mengakibatkan radang kelopak mata yaitu dikarenakan area kelopak mata terinfeksi virus tertentu yang memang bisa menjadi penyebabnya.

Hormon tidak seimbang

Apabila tubuh manusia mengalami ketidakseimbangan hormon maka hal ini bisa menjadi penyebab hepatitis atau radang kelopak mata.

Disfungsi kelenjar meibom

Terjadinya disfungsi kelenjar meibom yaitu kelenjar minyak di area kelopak mata bisa tersumbat atau tidak berfungsi dan menjadi penyebab mata kering yang bisa memicu peradangan dan infeksi.

Rosacea

Selanjutnya penyebab kelima terjadinya rosacea yaitu gangguan kulit yang bisa menjadi penyebab peradangan di kulit wajah termasuk area kelopak mata.

Alergi larutan lensa kontak

Selanjutnya penyebab ke-6 mengakibatkan radang kelopak mata yaitu dikarenakan alergi terhadap larutan lensa kontak selanjutnya obat tetes mata atau make up yang memang bisa memicu terhadap iritasi di area kelopak mata.

Mata kering

Penyebab selanjutnya yaitu dikarenakan mata kering dimana saluran air mata yang sudah kering dapat mengubah resistensi bakteri dan hal ini bisa mengakibatkan infeksi.

Akibat tungau

Selanjutnya tunggal atau kutu bulu mata ternyata hal ini bisa menyumbat folikel dan juga kelenjar bulu mata.

Previous articleDaftar Peraih Penghargaan Ballon d’Or 2021
Next articleCara Mencegah dan Area Rawan Sarang Nyamuk Ketika Musim Hujan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here