Home Kesehatan 4 Cara Mencegah DBD di Rumah Saat Musim Hujan

4 Cara Mencegah DBD di Rumah Saat Musim Hujan

232
0
Cara Mencegah DBD Di Rumah Saat Musim Hujan
Cara Mencegah DBD Di Rumah Saat Musim Hujan

SMARTLAPAK.COM – 4 Cara Mencegah DBD di Rumah Saat Musim Hujan Seperti diketahui apabila bulan November beberapa wilayah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Di saat musim hujan maka bukan hanya bisa mengakibatkan banjir akan tetapi bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti flu sampai DBD. Maka oleh karena itu, bagi kalian yang ingin terhindar dari penyakit diakibatkan musim penghujan maka bisa melakukan 4 cara mencegah DBD di rumah saat musim hujan tersebut.

Cara mencegah DBD di rumah saat musim hujan tidaklah sulit untuk Anda lakukan apalagi cara dibawah ini bisa memberikan edukasi untuk anda semua supaya bisa hidup bersih dan terhindar dari penyakit. DBD atau demam berdarah dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan dari gigitan nyamuk dan biasanya Penyakit ini muncul di saat musim penghujan.

Selanjutnya ada dua jenis nyamuk yang menjadi perantara penularan virus dengue pada manusia sehingga mengakibatkan menjadi penyakit DBD di antaranya adalah aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Kedua nyamuk tersebut dipercaya menjadi vektor atau perantara dalam menularkan virus dengue yang mengakibatkan penyakit DBD dan biasanya ketika awal dan akhir musim hujan para ahli kesehatan menilai jika nyamuk sangat aktif dan banyak berkembang biak dalam masa tersebut termasuk nyamuk yang mengakibatkan DBD dan chikungunya.

Hal ini dikarenakan ketika awal musim penghujan biasanya intensitas curah hujan tidak terlalu besar sehingga bisa membasahi permukaan benda di tanah dan selanjutnya membuat genangan di berbagai benda dan genangan inilah apabila tidak dibersihkan maka kondisinya kotor dan sangat disukai oleh nyamuk terutama nyamuk untuk jenis aedes aegypti.

Cara Mencegah DBD di Rumah Saat Musim Hujan

Supaya Anda terhindar dari penyakit yang biasa muncul saat musim penghujan, maka silakan untuk melakukan beberapa langkah berikut ini.

Menguras tempat penampungan air

Salah satu langkah pertama yang harus anda lakukan supaya terhindar dari penyakit DBD yaitu menguras tempat penampungan air yang biasanya menjadi area jentik atau bayi nyamuk berkembang biak.

Apabila anda mempunyai wadah atau tempat penampungan air yang memang tidak terpakai atau terbengkalai dan selanjutnya dipenuhi sampah maka sangat recommended untuk menguras tempat penampungan air tersebut sampai kering agar tidak dijadikan lokasi nyamuk.

Menutup rapat tempat sarang nyamuk

Selain anda sangat direkomendasikan menguras tempat penyimpanan Air jika memang tidak digunakan maka Langkah kedua yaitu menutup rapat semua tempat sarang nyamuk dikarenakan dengan menutup bisa mencegah dijadikan sebagai tempat berkembang biak nyamuk.

Daur ulang

Apabila di area rumah kalian terdapat sampah dan selanjutnya menumpuk maka di sanalah nyamuk berkembang biak dan oleh karena itu jangan sampai dibiarkan menjadi penyakit bagi anda maka salah satu pencegahan dari DBD yaitu dengan memanfaatkan kembali atau mendaur limbah barang bekas yang memang masih berpotensi supaya hal ini bisa mencegah demam berdarah.

Upaya pencegahan

Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya terhindar dari penyakit DBD di musim hujan yaitu dengan mengupayakan pencegahan yang lain diantaranya adalah:

  1. Memelihara ikan di kolam dikarenakan ikan suka memakan jentik nyamuk
  2. Menggunakan obat anti nyamuk
  3. Memberikan larvasida di penampungan air
  4. Rajin memotong semak yang ada di lingkungan Anda
  5. Hindarilah wadah terbengkalai di luar rumah yang berpotensi terisi air hujan dan jadi sarang nyamuk
  6. Rajin menguras bak mandi
  7. Selalu mewaspadai pepohonan yang rimbun dan banyak daun sampah.
Previous articlePuan Maharani Tanam Padi Saat Hujan Disindir Susi Pudjiastuti
Next article6 Cara Mencegah Kucing Merusak Tanaman di Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here