Home Dalam Negeri Memasuki November Jabodetabek Siaga Hujan Lebat

Memasuki November Jabodetabek Siaga Hujan Lebat

269
0
Memasuki November Jabodetabek Siaga Hujan Lebat
Memasuki November Jabodetabek Siaga Hujan Lebat

SMARTLAPAK.COM -Memasuki November Jabodetabek Siaga Hujan Lebat Belum lama ini pihak BMKG atau badan meteorologi klimatologi dan geofisika memberikan peringatan dini kepada masyarakat yang ada di Jabodetabek yaitu Jakarta Bogor Depok dan Tangerang Bekasi untuk mempersiapkan diri dikarenakan memasuki bulan November akan adanya potensi cuaca ekstrem yaitu hujan lebat dengan intensitas 50 mm setiap hari di wilayah tersebut.

Memasuki November Jabodetabek siaga hujan lebat sudah diberikan informasi dari pihak BMKG dimana menurut badan meteorologi klimatologi dan geofisika, di bulan November yang dikenal November Rain akan adanya potensi cuaca ekstrem yaitu hujan lebat dengan intensitas lebih dari 50 mm per hari di wilayah Jabodetabek sehingga dipastikan akan mengalami cuaca ekstrem.

Memasuki November Jabodetabek Siaga Hujan Lebat

Menurut BMKG, cuaca ekstrem akan muncul di awal bulan November untuk beberapa kota besar yang ada di Jakarta, depok, bekasi, tangerang Selatan, kota Tangerang sampai di Bogor. Selanjutnya BMKG memberikan himbauan terkait akan munculnya hujan lebat dengan intensitas yang sangat tinggi setiap harinya dan pastinya wajib diwaspadai.

BMKG menambahkan apabila masyarakat harus melakukan antisipasi terkait munculnya potensi angin kencang dengan kecepatan 45 km per jam apalagi akan munculnya angin kencang hujan disertai kilat dan petir dan bisa saja akan muncul hujan es jika inti kondensasi yang terbentuk dari udara masih siap jatuh sampai ke bumi.

“Memasuki bulan November akan muncul cuaca ekstrem dengan potensi terjadi di Jabodetabek. Kami memberikan himbauan supaya masyarakat bisa melakukan antisipasi terkait potensi angin kencang tersebut apalagi munculnya hujan lebat disertai kilat dan petir dan bisa saja akan muncul hujan es jika inti kondensasi yang terbentuk di udara masih siap jatuh yaitu butiran dan tidak sampai ke bumi,” kata guswanto dari BMKG.

Selanjutnya menurut guswanto untuk kategori hujan lebih dari 50 mm setiap harinya termasuk dalam kategori hujan lebat malahan menurut BMKG curah hujan tersebut bisa mengarah ke sangat ekstrem dengan intensitas mulai dari 100 sampai 150 MM.

Selanjutnya mereka mengingatkan dengan munculnya curah hujan lebih dari 50 mm, maka ada beberapa hal yang harus diwaspadai dikarenakan bisa saja hujan lebat mengakibatkan potensi bencana hidrometeorologi di antaranya bencana banjir, bencana banjir bandang, sampai tanah longsor.

“Kami mengharap masyarakat selalu waspada dikarenakan dengan hujan lebat seperti tersebut bisa diikuti dengan bencana hidrometeorologi jika kondisi lingkungan tidak baik dan juga daya dukung yang tidak maksimal Seperti Sungai yang tercemar atau perkotaan tersumbat drainase yang nantinya bisa mengakibatkan banjir atau tanah longsor,” tugas BMKG melalui guswanto.

Seperti diketahui apabila November Rain merupakan salah satu lagu milik band Guns And Roses ya memang sangat melegenda selalu dinyanyikan ketika memasuki bulan November di mana bulan November menjadi bulan hujan malahan dari pengakuan BMKG, akan munculnya cuaca ekstrem yang bisa mengakibatkan banjir dan lain sebagainya yang patut diwaspadai oleh masyarakat terutama yang ada di Jabodetabek.

Previous articleDiskon listrik PLN November 2021
Next articleFakta SBY Didiagnosis Kanker Prostat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here