Home Kesehatan Jenis Penyakit Komplikasi Diabetes Yang Patut Diwaspadai

Jenis Penyakit Komplikasi Diabetes Yang Patut Diwaspadai

192
0
Enis Penyakit Komplikasi Diabetes
Enis Penyakit Komplikasi Diabetes

SMARTLAPAK.COM – Jenis Penyakit Komplikasi Diabetes Yang Patut Diwaspadai Salah satu jenis penyakit yang seharusnya menjadi perhatian kita semua dikarenakan bisa menyerang siapapun tanpa mengenal usia dan juga gender yaitu diabetes. Malahan yang paling parah dari penyakit ini ternyata ada jenis penyakit komplikasi diabetes yang wajib diwaspadai dan apabila anda belum mengetahui maka pada artikel kali ini kami akan membahasnya.

Jenis penyakit komplikasi diabetes sedikitnya ada 6 jenis dan semuanya tidak boleh Anda hiraukan dikarenakan sangat berbahaya. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi di saat glukosa yang ada di dalam darah terlalu tinggi gie dan selanjutnya glukosa tersebut menjadi sumber energi utama manusia yang berasal dari makanan dan selanjutnya kadar glukosa bisa dikontrol oleh insulin.

Insulin sendiri merupakan hormon yang dibuat oleh pankreas yang bertujuan membantu Glukosa yang berasal dari makanan supaya masuk ke dalam sel tubuh manusia dan nantinya diolah menjadi energi.

Biasanya tubuh manusia tidak menghasilkan insulin atau sama sekali tidak memakai insulin dengan baik dikarenakan hal ini tersebut maka akan membuat glukosa tetap berada di dalam darah dan tidak bisa mencapai sel tubuh dan mengakibatkan penyakit diabetes.

Jenis komplikasi penyakit diabetes

Berikut ini adalah beberapa jenis komplikasi penyakit diabetes yang wajib Anda waspadai diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyakit ginjal

Komplikasi pertama adalah penyakit ginjal dimana di dalam ginjal mengandung jutaan kelompok pembuluh darah kecil yang biasa menyaring limbah dari darah dan selanjutnya diabetes bisa merusak Pembuluh darah yang bekerja menyaring limbah dan memicu terjadinya gagal ginjal.

Kardiovaskular

Selanjutnya penyakit diabetes dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kardiovaskular salah satunya penyakit arteri koroner dengan ciri nyeri jantung sampai mengalami stroke.

Masalah pada kaki

Selanjutnya komplikasi penyakit diabetes dapat memicu kerusakan di area saraf yang dapat mempengaruhi rasa di area kaki dan juga bisa merusak sirkulasi sehingga hal ini bisa memperlambat penyembuhan luka dan nantinya akan muncul permasalahan pada kaki dan paling parah bisa menyebabkan amputasi.

Masalah mata

Beberapa orang yang mengalami penyakit diabetes maka akan terkena penyakit mata yang biasa dikenal dengan istilah retinopati diabetik dan hal ini bisa mempengaruhi penglihatan seseorang malahan apabila tidak diobati bisa memicu kebutaan.

Penyakit alzheimer

Bagi seseorang yang mempunyai diabetes tipe 2 maka hal ini bisa meningkatkan terjadinya penyakit alzheimer dimana Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang sangat parah.

Penyakit di area mulut

Bagi kalian yang terlalu banyak makan gula dan selanjutnya mengendap di dalam darah maka hal ini bisa meningkatkan gula dalam air liur meningkat dan berpotensi menjadi sumber bakteri yang bisa merusak area mulut termasuk gusi dan gigi.

Previous articleDaftar Aturan Turunan UU IKN Yang Diteken Presiden Jokowi
Next article4 Lokasi Wisata Ala Korea di Jogja Rekomended 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here