Home Kesehatan Jenis Olahraga Terbaik Untuk Lansia

Jenis Olahraga Terbaik Untuk Lansia

187
0
Olahraga Terbaik Untuk Lansia
Olahraga Terbaik Untuk Lansia

SMARTLAPAK.COM – Jenis Olahraga Terbaik Untuk Lansia Walaupun sudah lansia atau lanjut usia akan tetapi untuk olahraga sebaiknya jangan sampai ditinggalkan, karena olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia yang bisa menjaga sirkulasi darah dan juga yang lainnya tetap optimal sehingga Walaupun anda sudah lanjut usia maka akan tetap sehat dan Berikut ini adalah jenis olahraga terbaik untuk lansia yang bisa dicoba di rumah.

Aktivitas fisik tetap perlu dilakukan secara rutin meski seseorang telah memasuki usia 65 tahun ke atas, yang notabene termasuk ke dalam kategori usia lansia. Bahkan, lansia juga dianjurkan untuk aktif berolahraga guna menjaga kebugaran tubuh. Sebagai rekomendasi, olahraga yang baik untuk lansia berikut ini dapat anda coba bersama orang tua yang telah memasuki berumur di atas 65 tahun.

Jenis Olahraga Terbaik Untuk Lansia

Supaya Anda tidak penasaran, berikut adalah beberapa jenis olahraga yang memang sangat recommended dilakukan oleh lanjut usia atau orang tua yang dijamin tidak capek akan tetapi Anda sehat dan menyenangkan.

Jalan Kaki atau Jogging

Olahraga seperti jalan kaki atau jogging menjadi salah satu bentuk aktivitas fisik yang paling direkomendasikan bagi lansia. Pasalnya olahraga tersebut memiliki praktik yang begitu sederhana, dan bisa dilakukan oleh hampir semua orang. Meskipun sederhana, jogging atau hanya sekadar berjalan kaki tetap mempunyai manfaat yang begitu luar biasa.

Mulai dari membuang kalori, meningkatkan stamina tubuh, hingga menjaga kesehatan jantung. Maka dari itu, ajaklah ayah, ibu, kakek, nenek, atau kerabat anda lainnya yang sudah berusia lanjut untuk jogging dan jalan kaki. Namun pastikan bahwa mereka memang masih mampu melakukannya, supaya manfaat dari aktivitas tersebut bisa dirasakan secara efektif.

Yoga

Olahraga yang baik untuk lansia berikutnya yaitu yoga, sebab aktivitas ini memiliki gerakan gerakan yang lembut serta mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Dengan begitu para orang tua pun tidak akan mudah mengalami cedera. Tidak hanya itu saja, yoga juga membantu dalam mengontrol emosi. Sehingga kesehatan fisik maupun mental dapat terjaga dengan baik.

Bersepeda

Apabila orang tua anda masih mampu mengayuh sepeda, anda bisa mengajaknya untuk bersepeda bersama. Dimana kegiatan mengayuh pedal sepeda ini dapat membantu meningkatkan kinerja jantung dan memperkuat tubuh bagian bawah. Sebelum itu, anda wajib memastikan bahwa pegangan sepeda dan setelan sadel sudah tepat, supaya tidak terjadi cedera panggung.

Tai Chi

Olahraga tai chi berasal dari Tiongkok, yang mana jenis aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kekuatan tubuh, kesimbangan, serta kelenturan. Apabila dilihat secara sekilas, gerakannya sendiri mirip dengan senam pada umumnya. Namun gerakan tai chi mempunyai ritme yang jauh lebih lambat, sehingga sangat cocok bagi orang berusia lanjut.

Berdansa

Berdansa juga bisa menjadi salah satu macam olahraga yang baik untuk lansia. Tidak hanya membantu menjaga keseimbangan dan kebugaran tubuh, namun berdansa juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan mental. Pasalnya gerakan dansa yang diiringi dengan lagu atau musik dapat menjadi kegiatan yang sangat menghibur dan menyenangkan.

Itulah sederet olahraga yang bisa dicoba oleh para lansia. Anda bisa mengajak orang tua, kakek dan nenek, hingga paman dan bibi yang sudah berusia lanjut untuk mencoba beberapa gerakan bersama. Dengan melakukannya bersama, maka kegiatan olahraga pun akan terasa jauh lebih menyenangkan sehingga mereka akan lebih bersemangat dalam mengerjakan aktivitas fisik tersebut.

 

Previous articleIde Bisnis Bagi Millenial Yang Rekomended 2022
Next articleDaftar Makanan Diet Bagi Penderita Maag Dijamin Aman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here