Home Kesehatan Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

280
0
Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

SMARTLAPAK.COM – Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Mungkin di antara anda semua merasa asing dengan salah satu daun yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia bernama daun afrika. Padahal ternyata banyak sekali manfaat daun afrika bagi kesehatan tubuh manusia yang sudah teruji baik secara klinis dan tradisional salah satunya manfaatnya yaitu bisa melawan pneumonia atau penyakit radang paru dan juga manfaat lain dari daun ajaib tersebut.

Nama daun afrika mungkin terdengar masih asing bagi sebagian orang. Namun tanaman dengan nama ilmiah vernonia amygdalina ini, belakangan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut lantaran banyaknya kandungan vitamin, mineral, protein, serta, dan antioksidan flavonoid pada tanaman ini.

Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa manfaat daun ajaib yaitu daun Afrika untuk kesehatan tubuh manusia dan untuk manfaatnya sendiri adalah sebagai berikut:

Melawan Pneumonia

Pneumonia merupakan penyakit radang paru paru yang menyebabkan penderitanya mengalami batuk berdahak, menggigil, demam, kesulitan bernapas, dan lain sebagainya. Pneumonia tersebut biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri, dan virus. Dalam hal ini, daun afrika mengandung beberapa sifat yang dapat melawan kondisi pneumonia.

Tak hanya itu, kandungan dari daun afrika juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, sehingga dapat menghalau infeksi dari virus maupun bakteri. Cara menggunakan daun afrika untuk melawan pneumonia yaitu cukup dengan membuat ekstrak daunnya. Kemudian anda bisa mengonsumsinya sebanyak tiga kali sehari dengan takaran satu gelas penuh.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun afrika berikutnya yaitu menurunkan kadar kolesterol, yang menjadi salah satu faktor risiko terbesar dari stroke, serangan jantung, juga penyakit alzheimer. Menurut percobaan yang pernah dilakukan, daun afrika ini dapat menurunkan hingga 50 persen kadar kolesterol jahat dalam darah. Namun selanjutnya, memang belum ada studi lanjutan mengenai hal tersebut.

Meredakan Gejala Demam Malaria

Dalam sebuah percobaan klinis, ditemukan fakta bahwa daun afrika segar dapat meredakan demam dan malaria ringan hingga 67 persen. Bahkan sebelum adanya percobaan tersebut, sari daun afrika sendiri memang sudah digunakan selama berabad abad oleh para leluhur, guna mengobati demam malaria.

Membantu Pengobatan Diabetes

Daun afrika disebut sebut sangat bagus dalam membantu pengobatan diabetes. Bahkan di wilayah habitat aslinya, daun ini menjadi alternatif selain terapi medis utama. Pasalnya daun afrika mempunyai kandungan zat aktif seperti tanin, polifenol, alkaloid, saponin, dan flavonoid yang berguna untuk menurunkan glukosa darah.

Selain itu, ekstrak etanol yang terkandung dalam daun afrika pun dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah secara keseluruhan. Hal ini pun sudah terbukti secara medis, melalui studi yang dilakukan terhadap hewan. Dimana pada percobaan tersebut menunjukkan bahwa daun afrika dapat menurunkan gula darah sampai 50 persen.

Mengatasi Penyakit Cacingan

Mengatasi penyakit cacingan juga termasuk salah satu manfaat daun afrika. Dimana beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak dari daun afrika mampu membasmi larva maupun telur cacing, mulai dari cacing tambang maupun cacing gelang yang dapat menyerang saluran cerna.

Itulah sederet manfaat dari daun afrika yang membuatnya banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Meskipun begitu, karena belum ada pengujian secara langsung pada manusia, ada baiknya anda bijak saat hendak memanfaatkan daun afrika. Akan lebih baik bila melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter agar penggunaannya terjamin aman.

 

Previous articleTips Bisnis Online di Shopee Cocok Bagi Pemula
Next article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here