Home Dalam Negeri Daftar Harga Tes PCR dan Antigen Terbaru 2021

Daftar Harga Tes PCR dan Antigen Terbaru 2021

283
0
Polymerase Chain Reaction
Polymerase Chain Reaction

SMARLAPAK.COM – Daftar Harga Tes PCR dan Antigen Terbaru 2021 Pemerintah melalui Kemenkes resmi pada hari Rabu kemarin umumkan tarif terbaru Harga tes covid 19 untuk PCR dimana penetapan kali ini dikarenakan adanya evaluasi pada komponen-komponen tes pCR diantaranya pelayanan, harga reagen, sampai biaya administrasi overhead. Selanjutnya penetapan daftar harga PCR dan antigen yang ditetapkan oleh pemerintah sangat mengharapkan supaya pihak terkait bisa menerapkan ketentuan harga tertinggi yang sudah ditetapkan.

Daftar Harga Tes PCR dan Antigen Terbaru 2021  pastinya harus anda ketahui supaya tidak menjadi bisnis sehingga ketika di luar harga yang ditetapkan oleh pemerintah maka masyarakat bisa mengadu kepada pihak terkait. Malahan kementerian Kesehatan sangat berharap supaya pihak terkait dapat menerapkan ketentuan harga tertinggi yang sudah ditetapkan yaitu melalui surat edaran no HK.02.02/I/3843/2021.

Daftar Harga Tes PCR dan Antigen Terbaru 2021

Dari keputusan pihak kementerian Kesehatan disebutkan apabila Batas paling tertinggi untuk pemeriksaan PCR yaitu 275.000 di Jawa-Bali untuk tes PCR di luar pulau Jawa dan Bali tariknya sedikit lebih mahal yaitu Rp300.000.

Selanjutnya untuk tarif tersebut ditunjukkan bagi masyarakat yang melakukan tes PCR dikarenakan permintaan sendiri atau kau melakukannya dengan kehendak sendiri.

Selanjutnya batas tarif tertinggi untuk tidak berlaku pada kegiatan penelusuran kontak atau rujukan kasus covid-19 ke rumah sakit yang penyelenggaraannya memperoleh bantuan dari pemerintah.

Oleh sebab itu, pemerintah sangat berharap supaya dinas kesehatan provinsi dan kabupaten atau pun pemerintahan Kota supaya bisa melakukan pembinaan dan juga pengawasan pada pemberlakuan tarif terbaru tersebut.

Harga tes antigen

Selanjutnya untuk harga tes antigen terbaru sesuai dengan nomor surat edaran HK.02.02/I/3065/2021 dituliskan apabila tarif maksimal tes antigen sebesar Rp99.000 untuk Jawa dan Bali dan selanjutnya untuk tarif tes antigen di luar Jawa dan Bali yaitu 109000.

Tarif terbaru tersebut ditunjukkan untuk masyarakat yang memang ingin melakukan tes PCR atau tes antigen karena kehendak sendiri atau Mandiri.

Lebih murah di India

Walaupun sekarang ini Fahri tertinggi tes PCR resmi diturunkan oleh pemerintah akan tetapi angka rp275.000 ternyata masih tetap mahal jika dibandingkan dengan India di mana di negara India untuk tarif tes PCR ya itu hanya sekitar rp160.000.

Namun ketika ditanya terkait masalah ini, budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan menjelaskan apabila harga PCR di Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan harga PCR di negara India dikarenakan adanya beberapa faktor yang membuat harga PCR Indonesia sedikit lebih mahal jika dibandingkan di India.

Harga PCR di India yang paling murah salah satunya dikarenakan beberapa harga komoditas di negara tersebut lebih rendah dikarenakan tingginya jumlah penduduk.

Previous articleTrik Menghilangkan Goresan Kacamata
Next articleFakta Parkir di Indomaret dan Alfamart Ternyata Gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here