Home Dalam Negeri Wikipedia Ternyata Banyak Digunakan Dalam Keputusan Hukum

Wikipedia Ternyata Banyak Digunakan Dalam Keputusan Hukum

129
0
Wikipedia Ternyata Banyak Digunakan Dalam Keputusan Hukum
Wikipedia Ternyata Banyak Digunakan Dalam Keputusan Hukum

SMARTLAPAK.COM – Wikipedia Ternyata Banyak Digunakan Dalam Keputusan Hukum Belum lama ini salah satu studi menjelaskan apabila Wikipedia saat ini banyak dipakai sebagai referensi untuk menentukan keputusan hukum malahan artikel Wikipedia hampir dikutip sampai 20% dalam menentukan keputusan pengadilan supaya inkrah.

Wikipedia sebetulnya digunakan dalam keputusan hukum sudah lama terjadi dan hal ini langsung dilakukan penelitian oleh tim asal laboratorium ilmu komputer dan kecerdasan buatan dari Institut Teknologi Massachusetts di mana institut asal Amerika Serikat ini dipimpin oleh Neil Thompson.

Wikipedia Ternyata Banyak Digunakan Dalam Keputusan Hukum

Dalam penelitian dibantu beberapa mahasiswa hukum yang bertugas menulis sebanyak 150 artikel terkait Keputusan Mahkamah Agung Irlandia dimana total artikel Hampir setengahnya diunggah secara online dan dapat dipakai oleh praktisi hukum seperti Hakim pengacara sampai panitera untuk dijadikan referensi.

Selanjutnya untuk setengah sisanya disimpan secara offline yang bertujuan membantu memahami kasus jika Wikipedia memang tidak memuat referensi dan selanjutnya hasil artikel yang berasal dari Wikipedia ternyata membantu dalam keputusan kasus di pengadilan sampai lebih dari 20%.

Selanjutnya efek artikel yang ada di Wikipedia ternyata dianggap sangat kuat untuk beberapa kasus yang mendukung argumen yang dibuat oleh Hakim dalam menentukan keputusan mereka dimana keputusan referensi bersumber dari artikel Wikipedia yang banyak dipakai oleh pengadilan lebih rendah seperti Pengadilan Tinggi dan hal ini dikutip dari laman Engadget.

Akan tetapi untuk pengadilan lebih tinggi diantara mahkamah Agung atau pengadilan banding ternyata tidak memakai artikel dari Wikipedia dalam menentukan keputusan hukum sehingga dari hasil penelitian tersebut disimpulkan apabila penggunaan referensi Wikipedia dikarenakan jadwal pengadilan yang memang sibuk.

Hasilnya Hakim dan panitera dapat 1 Sumber dari Wikipedia supaya lebih mudah untuk menemukan kasus yang menjadi di presiden melalui search engine online, akan tetapi walaupun begitu temuan tersebut berpotensi menimbulkan masalah baru dikarenakan artikel dari Wikipedia tidak selamanya akurat.

Ada beberapa resiko jika Hakim hanya mengambil dari Wikipedia yaitu adanya putusan cacat hukum atau pihak yang tidak bertanggungjawab yang dapat memanipulasi pada artikel sehingga beberapa komunitas hukum tetap harus memverifikasi seluruh artikel online yang ingin dijadikan referensi dalam penetapan hukum baik dari media maupun sumber lain.

Previous articleМостбет: Бонусы На Первый Депозит И Лучшие Ставки На Спор
Next articlePesan Presiden Jokowi Pada Relawan Ojo Kesusu Pilih Capres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here