Home Kesehatan Waspada Gejala Cacar Monyet Wabah Penyakit Yang Berstatus Darurat

Waspada Gejala Cacar Monyet Wabah Penyakit Yang Berstatus Darurat

191
0
Waspada Gejala Cacar Monyet Wabah Penyakit Yang Berstatus Darurat
Waspada Gejala Cacar Monyet Wabah Penyakit Yang Berstatus Darurat

SMARTLAPAK.COM – Waspada Gejala Cacar Monyet Wabah Penyakit Yang Berstatus Darurat Belum lama ini organisasi kesehatan dunia atau WHO resmi menetapkan cacar monyet menjadi salah satu wabah penyakit darurat Kesehatan Global sehingga Who memberikan warning kepada seluruh masyarakat yang ada di dunia agar mewaspadai wabah penyakit menakutkan ini salah satunya dengan mengetahui apa saja gejala cacar monyet.

Waspada gejala cacar monyet wabah penyakit yang berstatus darurat belum lama ini diungkapkan oleh organisasi kesehatan dunia alias WHO dimana mereka resmi menetapkan apabila penyakit ini menjadi darurat Kesehatan Global sehingga pihak Who meminta agar masyarakat harus semakin meningkatkan kewaspadaan dengan perkembangan dari wabah tersebut.

Who menghimbau kepada masyarakat supaya mewaspadai beberapa gejala dari cacar monyet demi memperoleh penanganan yang lebih tepat dimana cacar monyet sendiri adalah penyakit menular yang disebabkan infeksi virus langka monkeypox dan selanjutnya penyakit tersebut kembali pertama kali terdeteksi di bulan Mei di negara Inggris.

Semenjak saat itu, wabah cacar monyet terus menyebar ke berbagai penjuru dunia di mana untuk negara tetangga yang dikabarkan sudah dimasuki oleh wabah ini yaitu negara Singapura.

Sampai saat ini pihak WHO sudah mencatat ada 16000 kasus cacar monyet di mana belasan ribu kasus tersebut dilaporkan oleh 75 negara dan sejauh ini penyakit tersebut mengakibatkan 5 pasien sudah meninggal dunia.

Kasus wabah cacar monyet pertama kali menginfeksi manusia yaitu pada tahun 1970 di Republik demokratik Kongo dan dari negara tersebut kah cacar monyet bermunculan sampai menyebar ke seluruh Afrika Tengah sampai Barat dan menjadi penyakit endemik.

Gejala cacar monyet

Menurut penjelasan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, mereka memberikan penjelasan terkait gejala dari penyakit tersebut dimana pada dasarnya gejalanya mirip dengan cacar pada umumnya akan tetapi untuk gejala cacar monyet ini muncul dengan tingkat yang lebih ringan.

Perbedaan utama yaitu terletak pada pembengkakan kelenjar getah bening yang diakibatkan oleh cacar monyet dan hal ini wajib untuk diwaspadai.

Beberapa tanda cacar monyet biasanya muncul 7-14 hari usai terpapar virus dan untuk lebih lengkapnya berikut adalah beberapa gejala yang wajib diperhatikan bagi siapapun yang belum mengetahui tentang gejala dari wabah penyakit mematikan ini.

  1. Merasakan demam
  2. Sakit kepala
  3. Nyeri otot
  4. Sakit di area punggung
  5. Pembekakan di area kelenjar getah bening
  6. Merasakan lelah
  7. Mengalami Ruam yang biasanya muncul 1 sampai 3 hari setelah mengalami demam.

Untuk masalah ruam, biasanya akan mulai muncul dari bagian wajah selanjutnya menyebar ke area tubuh yang lain dan ruang selanjutnya akan berubah menjadi Lesi dan benjolan yang pecah seiring waktu berjalan.

Selanjutnya untuk gejala cacar monyet biasanya berlangsung selama 2 sampai 4 Minggu dan dikabarkan bisa hilang tanpa pengobatan, akan tetapi jika memang terdapat gejala Seperti di atas sangat direkomendasikan untuk dibawa ke dokter setempat.

Previous articleAjang Citayam Fashion Week Bubar Jika Sirine Dibunyikan Jam 22.00 WIB
Next articlePembatas Tribun JIS Roboh, Politikus PDIP Minta Diaudit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here