Home Tutorial 6 Trik Memperbaiki Flash Disk Dijamin Mudah

6 Trik Memperbaiki Flash Disk Dijamin Mudah

292
0
Memperbaiki Flash Disk
Memperbaiki Flash Disk
SMARTLAPAK.COM – 6 Trik Memperbaiki Flash Disk Dijamin Mudah Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang populer dimiliki banyak orang. Ukurannya yang kecil dengan sebuah kapasitas yang cukup besar membuat flashdisk banyak diminati. Hanya saja, kehadiran flash tidak lepas dari masalah teknis. Seperti flashdisk yang tidak terbaca saat disambungkan ke PC atau laptop. Jangan berpikir bahwa flash Anda rusak. Ada beberapa cara untuk Memperbaiki Flash Disk yang tidak terdeteksi. Berikut tutorial lengkapnya untuk Anda.

Trik Memperbaiki Flash Disk

Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan ketika Flasdisk rusak atau tidak terbaca yang sangat mudah untuk dicoba di rumah.

Periksa Port USB di PC

Flashdisk tidak terdeteksi juga bisa disebabkan oleh port USB yang bermasalah di PC. Cara ceknya gampang, tinggal colok flashdisk ke PC atau port USB lain. Jika terbaca, maka port USB PC Anda yang sedang bermasalah.

Cek Flashdisk

Tidak menutup kemungkinan flashdisk anda bermasalah. Untuk mengetahuinya Anda dapat mencoba menginstal flash drive lain ke PC Anda. Atau coba instal flash drive yang bermasalah ke PC lain. Jika tidak terbaca, bisa jadi flashdisk anda sedang bermasalah.

Lakukan Pemindaian dan Perbaiki Drive

Sistem operasi Windows biasanya dilengkapi dengan aplikasi yang dapat memperbaiki media penyimpanan yang rusak. Berikut cara memindai dan memperbaiki sebuah drive:
  • Colokkan flash drive pada PC.
  • Untuk para pengguna Windows 8 ke atas, klik kanan pada simbol Windows dan pilih Manajemen Disk.
  • Pilih sebuah flash drive Anda. Misalnya, jika flash ada pada drive (E :), maka pilih drive tersebut.
  • Klik kanan dan pilih Properties.
  • Jendela Properties baru akan muncul dari flash drive Anda. Klik tab Alat dan klik tombol Periksa.
  • Akan muncul sebuah kotak dialog baru, Anda pilih Scan and repair drive.
  • Tunggu hingga proses selesai. Setelah itu silahkan coba colok flashdisk kembali ke PC.

Format Flashdisk melalui CMD

Jika beberapa cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah Anda, ada alternatif solusi lain. Caranya adalah dengan memformat flash disk yang bermasalah. Hanya saja dengan menggunakan cara ini semua data di flashdisk akan terhapus. Ini akan sangat berisiko, apalagi jika Anda menyimpan banyak data penting di flashdisk. Oleh karena itu, sebaiknya pilih opsi ini hanya jika tidak ada data penting di flashdisk yang bermasalah. Cara memformat flashdisk dengan CMD adalah sebagai berikut :
  • Colokkan flash drive ke port USB PC Anda.
  • Buka CMD dengan menekan tombol Windows + R dan ketik cmd di menu Run. Setelah itu klik OK atau Enter.
  • Setelah terbuka, ketik FORMAT (huruf drive 🙂 /FS:FAT. Ganti teks (huruf drive 🙂 dengan huruf flash drive. Misal flashdisk anda terdeteksi di drive E:, lalu ketik FORMAT E: /FS:FAT. Kemudian tekan Enter.
  • Tunggu hingga proses pemformatan selesai.

Pembaruan Windows

Flash drive yang tidak terbaca di PC Anda bisa jadi karena sistem operasi Anda memerlukan file tambahan yang belum ada di sistem. Jadi, Anda perlu memperbarui sistem operasi agar file diunduh. Metodenya adalah sebagai berikut:
  • Pada Windows 10, buka menu Pengaturan dan pilih Perbarui & Keamanan.
  • Layar Pembaruan Windows muncul, klik tombol Periksa pembaruan.
  • Tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, coba pasang kembali USB flash drive Anda.

Pindai dengan Antivirus

Jika Anda menduga virus telah mendarat di PC atau flash drive Anda, silakan lakukan pemindaian dengan Antivirus. Lakukan scan atau scan secara menyeluruh, baik pada seluruh partisi PC maupun flash jika bisa. Demikian ulasan tentang cara memperbaiki flash disk yang tidak terdeteksi semoga bermanfaat.
Previous article5 Manfaat Masker Beras Untuk Mencerahkan Wajah
Next article5 Bisnis Makanan Ringan Menguntungkan 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here