Home Tutorial 4 Tips Meningkatkan Kinerja Laptop

4 Tips Meningkatkan Kinerja Laptop

290
0
Meningkatkan Kinerja Laptop
Meningkatkan Kinerja Laptop
SMARTLAPAK.COM – Tips Meningkatkan Kinerja Laptop Bagi pengguna laptop, kondisi laptop menjadi lemot mungkin sudah sering dialami. Kondisi laptop mulai lemot bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kapasitas penyimpanan yang penuh, RAM yang tidak mencukupi, atau bisa juga karena virus yang menyerang laptop. Kondisi laptop lemot ini tentu sangat mengganggu. Apalagi jika menyangkut tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan menggunakan laptop. Tapi, jangan buru-buru marah dan emosi pada laptop Anda. Ada beberapa cara mempercepat kinerja laptop yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan Kinerja Laptop.

Tips Meningkatkan Kinerja Laptop

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membuat kinerja laptop semakin bagus.

Menutup Program di Taskbar

Cara pertama untuk mempercepat kinerja laptop adalah dengan menutup program yang tidak dibutuhkan. Ketika laptop Anda mulai lambat, mungkin Anda memiliki terlalu banyak program yang berjalan pada saat yang sama dengan laptop Anda. Beberapa program sistem biasanya aktif saat Anda memulai laptop dan terus berjalan saat Anda menggunakan laptop. Untuk mengakses jenis program ini, klik ikon panah atas yang terletak di sisi kanan bawah bilah tugas Anda. Jika ada program yang tidak perlu Anda jalankan, klik kanan program tersebut lalu tutup.

Hentikan Program Aktif

Beberapa program mungkin benar-benar perlu dijalankan, seperti perangkat lunak antivirus, tetapi yang lain mungkin tidak diperlukan. Anda dapat memeriksanya dengan mengklik kanan pada taskbar dan memilih Task Manager, atau menekan Ctrl-Shift-Escape. Kemudian masuk ke tab Startup dan Anda dapat melihat setiap program yang berjalan saat startup dan dampaknya. Lihatlah semua program ini dan putuskan mana yang tidak perlu diaktifkan secara otomatis. Proses ini sangat bermanfaat bagi kinerja laptop jika Anda dapat menonaktifkan beberapa program berdampak tinggi.

Memperbarui OS, Driver, dan Aplikasi

Cara ketiga untuk mempercepat kinerja laptop adalah dengan melakukan update. Anda mungkin pernah mendengar bahwa memperbarui perangkat lunak Anda adalah ide yang baik untuk keamanan. Ini benar plus juga bisa membantu kinerja di laptop. Buka Mulai dan klik Pengaturan atau ikon pengaturan. Kemudian klik Pembaruan & Keamanan, lalu klik Pembaruan Windows. Jika Anda merasa telah melewatkan pembaruan, Anda dapat mencari secara online untuk memberi tahu Anda versi mana yang harus Anda gunakan.

Menghapus File yang Tidak Perlu

Cara keempat untuk mempercepat kinerja laptop adalah dengan menghapus file yang tidak dibutuhkan. Sama seperti lemari dan laci Anda, laptop bisa berantakan karena banyaknya file di mana-mana. Meskipun terkadang Anda tidak dapat melihatnya, Anda tahu itu ada, dan itu dapat berdampak negatif pada kinerja laptop Anda. Apalagi jika Anda memiliki banyak file berukuran besar, seperti gambar beresolusi tinggi, file audio, dan video. Kosongkan ruang dengan membiasakan menghapus file dan folder setiap minggu, dan juga mengosongkan Sampah atau Recycle Bin sesudahnya.

Manfaat Hapus File Tidak Dibutuhkan

Melakukan ini secara teratur berarti kemungkinan besar Anda akan mengingat dengan tepat apa yang ada di file dan folder Anda dan tidak akan terlalu khawatir jika Anda salah menghapus sesuatu yang penting karena file tidak menumpuk. Cara kelima untuk mempercepat kinerja laptop adalah dengan mencari program yang menghabiskan banyak resource. Jika Anda menyadari bahwa laptop Anda tiba-tiba berjalan lebih lambat, kemungkinan ada program khusus yang menyebabkannya. Salah satu cara untuk mengidentifikasi pelakunya adalah pergi ke Task Manager dan mencari tahu program apa yang menghabiskan sumber daya Anda. Klik More details untuk informasi tentang program yang sedang berjalan di komputer Anda. Anda dapat mengklik setiap tajuk pada tab Proses untuk mengurutkan daftar menurut aplikasi mana yang menggunakan sumber daya paling banyak. Jika Anda tidak ingin menutupnya, kembali ke layar Pengelola Tugas, klik kanan aplikasi yang ingin Anda tutup, dan tekan Akhiri tugas. Demikian artikel tentang tips meningkatkan kinerja laptop Anda.
Previous article5 Fitur Samsung Galaxy A52s 5G Yang Paling Diunggulkan
Next articleCara Sadap Whatsapp Orang Lain Termudah 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here