Home Dalam Negeri Tingkat Kepercayaan Pada DPR dan Parpol Semakin Menurun

Tingkat Kepercayaan Pada DPR dan Parpol Semakin Menurun

248
0
Tingkat Kepercayaan Pada DPR
Tingkat Kepercayaan Pada DPR

SMARTLAPAK.COM – Tingkat Kepercayaan Pada DPR dan Parpol Semakin Menurun Survei indikator politik Indonesia belum Nah ini memberikan informasi yang ternyata sangat mengagetkan terkait tingkat kepercayaan masyarakat untuk DPR RI dan partai politik di mana untuk parpol menjadi salah satu lembaga yang saat ini paling tidak dipercaya oleh masyarakat Indonesia dan pastinya hal ini menjadi PR bagi para politikus tanah air supaya lebih memikirkan masyarakat kembali dan dan meninggalkan seluruh kegiatan yang memang merugikan masyarakat seperti salah satunya korupsi.

Tingkat kepercayaan pada DPR dan parpol semakin menurun dari hasil survei indikator dimana di dalam hasilnya menyebutkan partai politik menjadi salah satu lembaga yang saat ini paling tidak dipercaya oleh publik di mana Banyak elit partai politik dan DPR yang saat ini tersangkut kasus korupsi dan ternyata hal tersebut menjadi salah satu penyebab kenapa masyarakat tidak mempercayai mereka.

Tingkat Kepercayaan Pada DPR dan Parpol Semakin Menurun

Menurut Burhanuddin Muhtadi selaku direktur eksekutif indikator politik Indonesia, tingkat kepercayaan masyarakat yang semakin menurun pada parpol dan DPR dikarenakan beberapa hal Salah satunya adalah banyaknya para politikus yang melakukan korupsi. Malahan menurutnya yang percaya kepada parpol hanya 54% dan menurutnya hal tersebut sangat sedikit apalagi untuk partai politik tingkat kepercayaan paling rendah.

Salah satu alasan kenapa masyarakat Indonesia saat ini ini mengalami rendah kepercayaan yaitu dikarenakan partai politik melakukan korupsi di mana publik menganggap apabila elite partai politik selalu berkaitan dengan beberapa kasus korupsi yang tengah terjadi dan pastinya sangat merugikan masyarakat Indonesia.

Selanjutnya menurut Burhanuddin, apabila tingkat kepercayaan publik pada partai politik terus menurun beberapa tahun terakhir ini padahal di awal masa reformasi masyarakat sangat percaya dengan partai politik.

Burhanudin menjelaskan sebetulnya ekspektasi publik pada parpol ternyata sangat tinggi akan tetapi sebagian ekspektasi tersebut malah tidak dijawab oleh parpol sehingga tingkat kepercayaan publik pun semakin rendah dan turun drastis.

Sebanyak 61% responden percaya dengan kinerja DPR selaku lembaga demokrasi dan tingkat kepercayaan ini hanya 65% dan lebih unggul MPR 66%.

Lembaga negara yang mempunyai tingkat kepercayaan paling tinggi dari publik salah satunya adalah TNI mencapai 93%, selanjutnya disusul presiden 85%, mahkamah Agung 79%, dan terakhir Mahkamah Konstitusi sebanyak 78%.

Survei tingkat kepercayaan kepada parpol dan DPR dilakukan oleh survei indikator yaitu pada tanggal 11 Februari sampai tanggal 21 Februari yang melibatkan sebanyak 1200 responden melalui metode multistage random sampling dengan margin error hanya 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Previous articleElektabilitas Prabowo Kembali Unggul Versi Survei Indikator
Next articleTama Satrya Langkun Mantan Aktivis ICW Bergabung Dengan Partai Perindo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here