Home Kesehatan Alasan dan Syarat Vaksin Covid-19 Bagi Anak 6 Tahun ke Atas

Alasan dan Syarat Vaksin Covid-19 Bagi Anak 6 Tahun ke Atas

275
0
Vaksin Covid 19 Bagi Anak
Vaksin Covid 19 Bagi Anak

SMARTLAPAK.COM – Alasan dan Syarat Vaksin Covid-19 Bagi Anak 6 Tahun ke Atas Vaksin covid 19 sekarang ini telah diizinkan penggunaannya untuk dilakukan kepada anak dari 5 sampai 11 tahun di semua negara termasuk di Indonesia. Salah satu negara yang memberlakukan vaksin covid-19 untuk anak adalah Amerika Serikat akan tetapi untuk Indonesia yang bisa mendapatkan vaksin adalah anak usia 6 sampai 11 tahun sehingga hampir seluruh masyarakat wajib melakukan vaksinasi.

Vaksin covid 19 belakangan kembali menjadi perbincangan netizen dikarenakan kebijakan terbaru yang dilakukan oleh pemerintah terkait izin penggunaan vaksin untuk anak usia 6 tahun sampai 11 tahun resmi dikeluarkan oleh badan pengawas obat dan makanan atau BPOM dan hal ini pastinya menjadi Harapan mengingat sebagian Sekolah Telah mulai pembelajaran tatap muka.

Vaksin Covid-19 Bagi Anak

Dengan adanya izin BPOM dalam penggunaan vaksin untuk anak 6 tahun keatas, maka bagi siswa yang sekolah akan aman dan minimal mempunyai daya tubuh dari serangan virus mematikan tersebut walaupun pastinya harus dengan persyaratan khusus bagi anak di usia 6 tahun keatas.

Alasan vaksin covid-19 untuk anak usia 6 tahun keatas

Dikabarkan apabila hampir 60% dari orang tua yang mempunyai anak usia 6 tahun mengharapkan supaya anaknya dilakukan vaksinasi apalagi dalam waktu dekat akan kembali melakukan sekolah tatap muka.

Selanjutnya ada beberapa alasan kenapa usia anak 6 tahun ke atas harus mendapatkan vaksinasi covid-19 hal ini dikarenakan mereka lebih Rentan berpotensi terkena wabah jika dibandingkan orang dewasa sehingga hal ini sangat penting untuk dilakukan vaksinasi kepada anak di usia 6 tahun keatas.

Syarat vaksin covid-19 untuk anak usia 6 tahun keatas

Seperti dikutip dari rekomendasi Ikatan Dokter anak Indonesia terkait masalah pemberian vaksin covid 19 yang diperuntukkan bagi anak usia 6 tahun sampai 11 tahun yaitu harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk pemberian vaksin pada anak 6 tahun ke atas memakai vaksin Coronavac yang diproduksi oleh Sinovac.
  2. Vaksin Coronavac harus diberikan dengan dosis 0,5 mL sebanyak 2 kali pemberian dengan jarak antar dosis yaitu selama 4 Minggu.
  3. Sebelum dan sesudah melakukan vaksin seluruh anak harus menggunakan masker selanjutnya menjaga jarak dan tidak berkerumun
  4. Harus melakukan imunisasi kejar dan rutin dalam mencegah kejadian luar biasa penyakit infeksi lainnya yang telah tersedia imunisasi.

Anak usia 6 tahun tidak boleh divaksin

Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menggagalkan vaksinasi untuk anak usia 6 tahun keatas diantaranya adalah:

  • Apabila anak mengalami defisiensi imun dan penyakit autoimun
  • Penyakit sindrom guillain barre sampai penyakit acute demyelinating encephalomyelitis
  • Anak yang sedang menjalani kemoterapi atau radioterapi
  • Anak yang sedang memperoleh pengobatan imunosupresan atau sitostatika berat
  • Anak yang sedang demam 37,5 derajat Celcius atau lebih
  • Anak yang baru sembuh dari covid-19 kurang dari 3 bulan
  • Setelah imunisasi lain kurang dari 1 bulan
  • Hipertensi atau tidak terkendali
  • Perempuan hamil
  • Diabetes tidak terkendali
  • Penyakit kronis yang tidak terkendali.

Saran dari ikatan Dokter anak Indonesia terkait vaksinasi covid-19 untuk anak 6 tahun keatas maka bagi mereka yang mempunyai penyakit kronis atau autoimun yang sudah terkontrol maka bisa mengikuti vaksinasi akan tetapi bagi anak yang ingin divaksin harus terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter penanggung jawab pasien.

Previous articleIstri Pamer Duit Kapolres Tebing Tinggi Dipecat
Next articlePresiden Jokowi Tunjuk Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here