Home Dalam Negeri Penyebab 11 Siswa MTs Harapan Baru Ciamis Tenggelam dan Tewas

Penyebab 11 Siswa MTs Harapan Baru Ciamis Tenggelam dan Tewas

247
0
Siswa MTs Harapan Baru
Siswa MTs Harapan Baru

SMARTLAPAK.COM – Penyebab 11 Siswa MTs Harapan Baru Ciamis Tenggelam dan Tewas Kabar duka datangnya dari salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis Jawa Barat, dimana 11 Siswa MTs Harapan Baru dikabarkan tewas dan semuanya ditemukan tenggelam ketika tim SAR menyusuri sungai untuk melakukan evakuasi dan meninggalnya 11 siswa tersebut dikarenakan mereka menyusuri Sungai kegiatan pramuka tepatnya di lokasi Sungai Cileueur, Leuwi Ili Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis pada hari Jumat 15 Oktober kemarin.

Penyebab 11 siswa MTS Harapan Baru Ciamis tenggelam dan tewas memang menjadi banyak pertanyaan dari masyarakat yang ada di Kabupaten Ciamis dimana ternyata, meninggalnya belasan siswa dari MTS Harapan Baru Cijantung dikarenakan pada saat itu ada kegiatan pramuka yaitu menyusuri sungai dengan arus yang lumayan kencang yaitu di Sungai Cileueur, Leuwi Ili Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis.

Seluruh korban meninggal dipastikan terbawa arus sungai di saat acara Pramuka yang dihadiri 150 siswa dan beberapa guru di sekolah ini. Menurut Kepala Bidang kedaruratan dan logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ciamis yaitu Memet hikmat, ia menegaskan apabila pada mulanya petugas BPBD memperoleh laporan adanya beberapa siswa dari MTS Harapan Baru yang menghilang setelah acara susur sungai yaitu dari kegiatan pramuka di sekolah tersebut.

Selanjutnya dari keterangan pihak sekolah, terdapat 150 siswa bersama guru yang waktu itu turun ke sungai akan tetapi Sesampainya di sekolah dan lingkungan pesantren, ternyata masih ada siswa yang belum kembali ke asrama dimana mereka adalah siswa MTS setingkat SMP yang baru masuk dengan usia 12 sampai 13 tahun.

Selanjutnya petugas BPBD dan tim SAR terus berupaya melakukan pencarian kepada seluruh korban tepatnya pada hari Jumat jam 13.30 ba’da salat Jumat. Selanjutnya korban pertama kali ditemukan yaitu sekitar jam 19.15 WIB dan selanjutnya korban yang lain ditemukan sampai pukul 21.00 WIB dan mencapai 11 orang siswa. Kan

Penyebab 11 Siswa MTs Harapan Baru Ciamis Tenggelam

Menurut Memet, dari sejumlah keterangan saksi apabila korban tenggelam disebabkan karena terbawa arus sungai yang saat itu mendadak meluap dari arah Hulu dan selanjutnya dari pendataan, seluruh korban yang terbawa arus sungai terdapat 21 orang diantaranya 11 meninggal dunia dan untuk sisanya berhasil diselamatkan.

“sebelas orang meninggal dan korban yang lain atau tepatnya yang selama sempat dibawa ke rumah sakit untuk memperoleh pertolongan. Selanjutnya untuk korban meninggal dibawa ke rumah sakit yang sama untuk dilakukan pemeriksaan awal,” ungkap Memet.

Dikabarkan sampai saat ini tim SAR gabungan masih terus bersiaga di lokasi kejadian dan terus menyusuri beberapa titik rawan untuk memastikan tidak lagi korban hanyut di sungai tersebut.

Kronologi MTs Harapan Baru ciamis

Untuk kronologi diungkapkan oleh Bupati Ciamis herdiat Sunarya di mana menurut Bupati jumlah siswa MTS Harapan Baru yang saat itu ikut acara susur Sungai Pramuka berjumlah sebanyak 150 orang dan selanjutnya 11 siswa meninggal terbawa arus kuat yang datang mendadak dari Hulu Sungai sehingga kemungkinan mereka tidak bisa berenang dan lain sebagainya.

Menurut Bupati Ciamis, belasan korban meninggal dunia ditemukan di muara sungai dalam dan diduga kuat mereka terbawa arus yang sangat kuat malahan ada informasi jika saat kejadian para guru sempat berupaya menyelamatkan beberapa siswa yang telah meninggal tersebut akan tetapi malah pingsan di lokasi dikarenakan arusnya sangat kuat.

Previous articleBupati Tangerang Bawa Mahasiswa Dibanting Polisi ke RS Ciputra
Next articleJuara Umum PON XX Papua 2021 Dimenangkan Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here