Home Dalam Negeri Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember Yang Harus Diketahui

Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember Yang Harus Diketahui

237
0
Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember
Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember

SMARTLAPAK.COM – Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember Yang Harus Diketahui Dalam waktu dekat ini masyarakat di Indonesia akan memperingati sebuah peringatan yang sangat penting terutama bagi seorang anak untuk mengenang jasa Ibu Tercinta yaitu hari Ibu nasional di mana Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahun. Peringatan Hari Ibu bukankah hanya ucapan atau update status kata mutiara bagi orang tua, akan tetapi di dalamnya mengandung sejarah singkat Dan juga panjang dari peringatan Hari Ibu nasional yang sampai saat ini diperingati oleh masyarakat di Indonesia.

Apabila berbicara tentang sejarah hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember maka peringatan tersebut sebetulnya Bermula saat kongres perempuan Indonesia ke-1 yang berlangsung pada tahun 1928 dan selanjutnya peringatan Hari Ibu sebetulnya bukan diperingati oleh masyarakat di Indonesia saja akan tetapi diperingati oleh masyarakat yang ada di dunia dan biasanya dikenal dengan sebutan happy mother’s day.

Perayaan Hari Ibu diperingati juga di Amerika Serikat dan biasanya di negara tersebut dilakukan dengan cara memberikan bunga ke orang tua terutama ibu mereka dan biasanya berlangsung pada hari minggu kedua di bulan Mei dan selanjutnya hal yang sama dilakukan di negara Perancis mereka merayakan hari ibu di minggu ke-4 pada bulan Mei.

Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember

Apabila berbicara tentang sejarah peringatan Hari Ibu yang berlangsung pada tanggal 22 Desember, dalam Kongres perempuan Indonesia yang berlangsung di kota Yogyakarta terjadi pada 22 Desember 1928 dan dalam Kongres tersebut terbentuk organisasi bernama perikatan perkumpulan perempuan Indonesia atau disingkat pppi.

Perkumpulan ini mulai melakukan beberapa pergerakan dimana awal Pergerakan dimulai oleh kaum perempuan bersama kaum lelaki untuk berjuang meningkatkan harkat martabat dan juga kemerdekaan Indonesia dan selanjutnya pada tahun 1929, pppi berganti nama menjadi perikatan perkumpulan istri Indonesia dan selanjutnya 6 tahun kemudian berlangsunglah kongres perempuan Indonesia ke-2 yang dilakukan di Jakarta.

Pada kongres tersebut dihasilkan badan kongres perempuan Indonesia yang mewakili kewajiban menumbuhkan dan mendidik generasi muda rasa nasionalisme berbangsa dan juga bernegara. Selanjutnya 3 tahun kemudian digelar kongres ketiga dan menyatakan jika tanggal 22 Desember diperingati sebagai hari Ibu nasional.

Selanjutnya setelah kongres ke-3 lalu ditetapkanlah oleh Presiden Soekarno melalui keputusan presiden dengan nomor 316 tahun 1959 terkait hari nasional yang bukan hari libur.

Indonesia memperingati hari ibu menjadi sebuah simbol yang mempunyai maksud untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat sebagai hari kebangkitan dan persatuan kaum perempuan dalam memperjuangkan bangsa Indonesia dan simbol tersebut melambangkan hari Ibu berupa bunga melati.

Simbol hari ibu dengan bunga melati mempunyai makna yang sangat dalam yaitu kasih sayang seorang ibu kepada anak selanjutnya kekuatan kesucian pengorbanan seorang ibu kepada anak dan kesadaran untuk menggalang kesatuan selanjutnya keikhlasan Bakti dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Previous articleBahaya Kebiasaan Menahan Kencing Yang Wajib Dihindari
Next articleManfaat Vaksin Covid-19 Bagi Anak Yang Harus Diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here