Home Luar Negeri Sejarah Singkat Berdirinya Google Yang Jarang Diketahui

Sejarah Singkat Berdirinya Google Yang Jarang Diketahui

387
0
Sejarah Singkat Berdirinya Google
Sejarah Singkat Berdirinya Google

SMARTLAPAK.COM – Sejarah Singkat Berdirinya Google Yang Jarang Diketahui Seperti diketahui apabila Google pada tanggal 27 September 2021 genap berusia 23 tahun yang artinya Google sedang merayakan hari ulang tahunnya dan ternyata masih banyak dari kita semua yang tidak mengetahui sejarah berdirinya Google.

Google menjadi salah satu platform yang hampir semuanya menggunakan dimana pada hari kemarin, senin 27 September google berusia 23 tahun dan merayakan hari jadinya malahan terpampang pada Google Doodle khusus bertemakan ulang tahun di laman pencarian tersebut.

Mungkin di antara kita semua banyak yang belum mengetahui terkait sejarah mesin pencarian yang paling banyak digunakan di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia ini, malahan hampir semua pengguna smartphone ataupun komputer ketika mereka mencari sesuatu pastinya menggunakan Google sebagai sarana pencarian dikarenakan mudah dan lebih lengkap.

Sejarah singkat berdirinya Google

Seperti dikutip dari laman resmi Google dan juga Wikipedia, apabila mesin pencarian tersebut mempunyai sejarah panjang yang pastinya tidak bisa dilupakan terutama bagi kita yang hampir tiap hari menggunakan pencarian Google.

Pada tahun 1998, mesin pencari Google resmi dibuat dan sosok yang paling berharga dalam pembuatan Google sendiri yaitu Larry Page dan Sergey Brin kedua orang inilah yang menjadi pencipta Google sehingga bisa kalian gunakan sampai saat ini.

Dalam sejarah tercatat apabila kedua orang tersebut bertemu di stanford University dan saat itu keduanya adalah mahasiswa di universitas ternama ini dan selanjutnya dengan hasil jerih payah kerja sama Keduanya mereka membangun Google yang berasal dari kamar asrama yang dimiliki oleh Larry Page.

Pada tahun 1998, Larry Page dan Sergey Brin memperoleh dana dari luar dimana investor pertama yang memberikan dana untuk Project mereka adalah Andy Bechtolsheim yang juga seorang pendiri Sun microsystem yang sangat terkenal.

Selanjutnya kedua pemuda ini mengumpulkan dana sekitar 1 juta dolar dari investor, keluarga, dan beberapa rekannya berapa duitnya keduanya mendirikan toko di daerah Menlo Park yang ada di California yang bernama Google.

Selanjutnya nama Google ternyata diperoleh dari salah ejaan nama asli page yang tadinya akan dibuat nama google yang artinya di dalam istilah matematika yaitu nomor 1 diikuti dengan 100 nol namun ternyata menjadi Google.

Pada tahun 1999, google menerima kembali pendanaan modal ventura dengan jumlah nilai 25 Juta Dolar dan disaat itu keduanya langsung memproses 500.000 query per hari di mana jumlah ini langsung meledak di tahun 2000 di saat mesin pencari ini harus bersaing dengan mesin pencari dari Yahoo.

Memasuki tahun 2004, yahoo ditiadakan dikarenakan kalah bersaing dengan Google dan selanjutnya di saat itu pengguna internet melakukan browsing 200 juta kali dengan menggunakan pencarian Google dan pada akhirnya di tahun 2011 menjadi di browser pencarian terbanyak.

Di tahun 2011, google mencakup 3 miliar pencarian per hari sehingga pada akhirnya Google menjadi umum digunakan untuk mencari apapun yang ada di internet sampai saat ini.

Malahan menurut ensiklopedia Britannica sebanyak 70% pencarian di internet dilakukan oleh masyarakat yang ada di dunia termasuk di Indonesia adalah menggunakan Google, malahan dari beberapa riset menyatakan penggunaan pencarian Google mencapai 80%.

Itulah sejarah singkat berdirinya Google dari awal diciptakan sampai sekarang ini menjadi alat pencari yang sangat diminati baik tua maupun muda dan menjadi salah satu browser paling ternama di tanah air dan dunia. Selamat ulang tahun Google ke-23 semoga semakin Jaya.

Previous articleSpesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M52 5G
Next article2 Cara Daftar Vaksin Online di HP Termudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here