Home Dalam Negeri Roy Suryo Ditahan Polda Metro Jaya Kasus Penistaan Agama

Roy Suryo Ditahan Polda Metro Jaya Kasus Penistaan Agama

136
0
Roy Suryo Resmi Ditahan Polisi
Roy Suryo Resmi Ditahan Polisi

SMARTLAPAK.COM – Roy Suryo Ditahan Polda Metro Jaya Kasus Penistaan Agama Pihak Polda Metro Jaya Belum lama ini resmi melakukan penahanan kepada Roy Suryo mantan Menteri Pemuda dan Olahraga zaman Presiden SBY di mana pria yang selalu dianggap sebagai ahli telematika ditahan dikarenakan kasus penistaan agama yaitu memposting meme stupa mirip Jokowi sehingga hal tersebut dirinya mendapatkan beberapa laporan salah satunya penistaan agama.

Penahanan polda Metro Jaya kepada Roy Suryo akibat menjadi tersangka kasus penistaan agama terjadi pada hari Jumat 5 agustus pada malam hari di mana hal tersebut diungkapkan oleh Kabid humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada awak media Belum lama ini.

Roy Suryo Ditahan Polda Metro Jaya Kasus Penistaan Agama

Menurut Kombes Endra Zulpan apabila pria berusia 52 tahun tersebut akan ditahan selama 20 hari ke depan untuk keperluan penyidikan pihak kepolisian dimana penahanan tersebut dilakukan diawati kan tersangka menghilangkan barang bukti dan adanya beberapa pertimbangan yang lain dan hal tersebut sudah tertuang pada pasal 21 ayat 1 kitab KUHAP.

Penahanan pada Roy Suryo dilakukan setelah sebelumnya ia kedapatan mengikuti kegiatan touring komunitas mobil Mercedes Benz walaupun saat itu dirinya sedang status tersangka penistaan agama dan sebelumnya roy sempat memberikan penjelasan apabila kegiatan touring bersama komunitas mobil tersebut hanyalah kegiatan dalam perayaan ulang tahun wakapolri Komjen purnawirawan Nanan Sukarna.

Kepada awak media ia mengatakan ketika melakukan touring dirinya tengah dalam keadaan sakit dan dalam proses pemulihan kesehatan malahan yang membawa mobil bukanlah dirinya akan tetapi sang sopir.

Diketahui apabila Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka pada tanggal 22 Juli 2022 iya diketahui dijerat pasal 28 ayat 2 junto pasal 45 UU No 19 tahun 2016 terkait ite dan selanjutnya penyidik menjerat Mysterio dengan pasal 156 a kitab UU KUHP terkait penodaan agama dan pasal 15 UU No 1 tahun 1946.

Menurut Kombes Endra Zulpan ada sekitar 13 ahli yang sudah dimintai keterangan oleh pihak Kepolisian sebelum pada akhirnya Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka dimana dari 13 ahli ada 3 ahli bahasa dan 3 ahli agama yang dimintai keterangan pada proses penyidikan.

Selanjutnya penyidik memeriksa dua ahli sosiologi hukum, 2 ahli pidana, 2 ahli ite, dan 1 ahli medsos. Selanjutnya setelah ada pengungkapan dari sejumlah ahli maka status penyidik menaikkan raizo sebagai tersangka.

Selanjutnya polisi menetapkan Roy Suryo sebagai tersangka berdasarkan hasil penyelidikan dua laporan diantaranya laporan yang diajukan Kurniawan Santoso tertanggal 20 Juni 2022 dan selanjutnya laporan ke bareskrim Polri oleh Kevin wu di mana dalam keterangan kuasa hukum Kurniawan meme yang diunggah oleh Raisa merupakan editan gambar patung Sidharta Gautama atau Sang Buddha yang wajahnya diedit mirip Jokowi.

Pada unggahan yang diposting Roy Suryo dipastikan sudah melecehkan dan mengolok-olok patung Sang Buddha dikarenakan mengunggah ulang gambar tersebut dengan kata lucu dan ambyar.

Previous articleSayta Giriş Qeydiyyat Haqqında 1xbet Mərc Sayt
Next articleTuan Guru Bajang Resmi Masuk Perindo Meninggalkan Golkar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here