Home Kabar Viral Profil Sandiaga Uno Kemenparekraf Cawapres 2024

Profil Sandiaga Uno Kemenparekraf Cawapres 2024

486
0
Profil Sandiaga Uno Kemenparekraf Cawapres 2024
Profil Sandiaga Uno Kemenparekraf Cawapres 2024

SMARTLAPAK.COM – Profil Sandiaga Uno Kemenparekraf Cawapres 2024 Sandiaga Uno adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Ia lahir pada tanggal 28 Juni 1969 di Jakarta. Sebelum terjun ke dunia politik, Sandiaga Uno dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di bidang investasi dan properti. Ia adalah salah satu pendiri perusahaan investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dan juga perusahaan properti PT Recapital Advisors.

Pada tahun 2017, Sandiaga Uno terlibat dalam dunia politik dan menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, berpasangan dengan Anies Baswedan. Pasangan Anies-Sandiaga berhasil memenangkan pemilihan tersebut dan Sandiaga Uno menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Oktober 2017 hingga Oktober 2018.

Setelah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A kembali berkecimpung dalam dunia bisnis dan mendirikan perusahaan konsultan investasi dan manajemen bernama Sandiaga Uno & Associates. Ia juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan menjadi Ketua Umum Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada tahun 2019 hingga 2020.

Harap dicatat bahwa informasi di atas mencerminkan pengetahuan saya hingga September 2021. Ada kemungkinan terdapat peristiwa atau perkembangan terbaru yang belum saya ketahui setelah tanggal tersebut.

Profil Sandiaga Uno

Berikut adalah biodata singkat Sandiaga Uno:

Nama lengkap: Sandiaga Salahudin Uno

Tempat tanggal lahir: Jakarta, 28 Juni 1969

Agama: Islam

Pendidikan:

  • Sarjana Ekonomi dari Universitas Georgetown, Amerika Serikat
  • Master of Business Administration (MBA) dari George Washington University, Amerika Serikat

Karier:

  • Pendiri dan mantan CEO PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (perusahaan investasi)
  • Pendiri PT Recapital Advisors (perusahaan properti)
  • Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta (2017-2018)
  • Ketua Umum Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) (2019-2020)
  • Pendiri Sandiaga Uno & Associates (perusahaan konsultan investasi dan manajemen)

Aktivitas politik:

  • Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 (berpasangan dengan Anies Baswedan)

Penghargaan:

  • Indonesia Business and Development Award untuk kategori Inspirational Business Leader (2013)
  • Ernst & Young Entrepreneur of The Year dalam kategori Sustainable Business (2014)

Karir Politik Sandiaga Uno

Karir politik Sandiaga Uno mencakup beberapa posisi dan peran penting. Berikut adalah beberapa informasi tentang karir politiknya:

  1. Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017: Pada tahun 2017, Sandiaga Uno mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta. Ia berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai calon gubernur. Pasangan Anies-Sandiaga berhasil memenangkan pemilihan tersebut dan Sandiaga Uno menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2017.
  2. Wakil Gubernur DKI Jakarta (2017-2018): Selama menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno terlibat dalam kebijakan pemerintahan dan berbagai program pembangunan di ibu kota. Dia aktif dalam memperjuangkan isu-isu seperti pengembangan ekonomi, infrastruktur, pariwisata, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Kegiatan politik pasca-Wakil Gubernur: Setelah masa jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta berakhir pada Oktober 2018, Sandiaga Uno masih terlibat dalam kegiatan politik. Dia menjadi anggota Partai Gerindra, salah satu partai politik di Indonesia. Sandiaga juga terlibat dalam kampanye politik dan mendukung calon-calon lain di berbagai pemilihan umum.
  4. Ketua Umum Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) (2019-2020): Pada tahun 2019, Sandiaga Uno ditunjuk sebagai Ketua Umum Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) oleh Presiden Indonesia. BKPM adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam mendorong investasi di Indonesia. Selama menjabat sebagai Ketua BKPM, Sandiaga Uno aktif dalam memperjuangkan kebijakan investasi yang kondusif dan menjalin kerja sama dengan investor lokal dan internasional.
  5. Sandiaga Salahuddin Uno resmi dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 23 Desember 2020.
  6. Bakal calon wapres 2024 setelah keluar dari partai Gerindra dan kemungkinan diusung oleh partai PPP.
Previous articleProfil Agus Harimurti Yudhoyono Ketum Demokrat Cawapres 2024
Next articleProfil Mahfud MD Cawapres 2024 Yang Banyak Didukung Netizen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here