Home Dalam Negeri Nisfu Syaban 2022 Jatuh Pada Tanggal 17 dan 18 Maret

Nisfu Syaban 2022 Jatuh Pada Tanggal 17 dan 18 Maret

223
0
Nisfu Syaban 2022
Nisfu Syaban 2022

SMARTLAPAK.COM – Nisfu Syaban 2022 Jatuh Pada Tanggal 17 dan 18 Maret Tinggal beberapa hari lagi umat muslim akan kedatangan salah satu hari yang penting di dalam Islam yaitu Nisfu Sya’ban. Nisfu Sya’ban dianggap sebagai bulan persiapan untuk menyambut bulan puasa Ramadan dan bagi Anda yang belum mengetahui kapan pelaksanaan Nisfu Sya’ban, maka pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasannya untuk anda semua.

Nisfu Sya’ban menjadi salah satu momen pertengahan bulan syakban akhir untuk menuju bulan puasa Ramadan dan dalam ajaran Imam Syafi’i ketika malam Nisfu Sya’ban maka dianjurkan bagi umat muslim untuk memperbanyak ibadah dan berdoa kepada Allah SWT dan sudah menjadi keumuman bagi warga Nahdlatul Ulama di saat malam Nisfu Sya’ban maka biasa melakukan salat sunnah dan selanjutnya membacakan Surat Yasin sebanyak 3 kali.

Pada bulan Maret 2022 sudah memasuki bulan Sya’ban 1443 Hijriyah akan tetapi untuk Nisfu syakban sendiri dipastikan akan terjadi antara tanggal 14 dan 15 Sya’ban atau bertepatan dengan tanggal 17 dan 18 Maret 2022 yang akan datang.

Nisfu diambil dari kata bahasa Arab yang artinya Tengah dan Sya’ban merupakan nama bulan dalam penghitungan kalender Hijriyah dan biasa dikenal sebagai bulan sebelum datangnya Ramadan dan bulan Sya’ban dari dulu sampai sekarang dianggap menjadi salah satu malam yang sangat dimuliakan dan penuh berkah.

Di bulan Sya’ban dianjurkan Supaya umat muslim melakukan puasa dan biasa dilakukan semenjak tanggal 1 Sya’ban dan selanjutnya puasa Sya’ban bisa juga digunakan untuk membayar hutang puasa Ramadan.

Ada beberapa amalan yang biasa dilakukan ketika malam Nisfu Sya’ban diantaranya membaca surat Yasin 3 kali dengan harapan diberikan umur panjang supaya ya Dipakai beribadah kepada Allah SWT, diberikan Rizki, dan meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

Ada pula beberapa doa Nisfu Sya’ban yang biasa diselipkan di saat pembacaan surat Yasin yang memang sesuai dengan dalil dari beberapa ulama mazhab Imam Syafi’i.

Untuk doa yang biasa dibacakan di saat malam Nisfu syakban yaitu: Itu Allah Ummah innaka afuwwun Karim tuhibbul afwa fa’fu Anni, allahumma inni as alukal afwa walafiata, wall Muafatadi imatifiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Selanjutnya sebagian umat muslim ketika malam Nisfu Sya’ban biasanya mereka akan bergadang semalaman untuk salat sunnah dan dzikir dan selanjutnya ada juga yang berpuasa keesokan harinya tepat di tanggal 15 Sya’ban dikarenakan untuk tanggal 16 sabar ada anjuran larangan berpuasa sunnah.

Previous articleGempa Nias Hari Ini 6,7 SR Terasa Sampai Padang
Next article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here