Home Dalam Negeri Niat dan Keutamaan Puasa Asyura & Tasua

Niat dan Keutamaan Puasa Asyura & Tasua

170
0
Niat Dan Keutamaan Puasa Asyura & Tasua
Niat Dan Keutamaan Puasa Asyura & Tasua

SMARTLAPAK.COM – Niat dan Keutamaan Puasa Asyura & Tasua Puasa Asyura dan puasa tasu’a adalah puasa sunnah yang hadir di bulan Muharram dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yang biasanya dilakukan pada tanggal 9 Muharram dan tanggal 10 Muharram dimana kedua puasa ini mempunyai keutamaan bagi umat muslim yang menjalankan.

Puasa Asyura menjadi salah satu kuasa Ia memang lebih populer jika dibandingkan puasa tasu’a dimana kedua puasa ini dilaksanakan setiap tanggal 9 dan 10 Muharram yang mempunyai fadhilah atau keutamaan dari beberapa hadis nabi Muhammad SAW baik yang diriwayatkan oleh imam muslim dan Imam Bukhari.

Adapun niat puasa Asyura sama seperti niat pada umumnya dengan hukum sunnah yaitu Bagi siapapun yang melaksanakan akan mendapatkan pahala dan bagi yang tidak melaksanakan maka tidak berdosa.

Selanjutnya dari perhitungan kalender Hijriah untuk tanggal 1 Muharram 1444 H jatuh pada tanggal 30 Juli yang lalu maka bisa dihitung apabila jadwal puasa tasu’a maupun puasa Asyura yaitu jatuh pada tanggal 7 Agustus dan hari Senin 8 Agustus 2022.

Keutamaan puasa Asyura

Berikut adalah beberapa keutamaan puasa Asyura bagi umat muslim yang menjalankan

  1. Bagi siapapun umat Islam yang melakukan puasa Asyura dan tasu’a maka akan dihapus dosa kecil di tahun sebelumnya
  2. Bagi siapapun umat Islam yang melakukan puasa Asyura dan tasu’a maka akan dihapus dosa selama 60 tahun
  3. Bagi siapapun umat Islam yang melakukan puasa Asyura dan tasu’a maka akan mendapatkan ridho Allah SWT.

Niat puasa Asyura

Untuk Anda yang ingin berpuasa di bulan Muharram baik untuk puasa asyura dan tasu’a maka berikut adalah niat Arab dan latin.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُوْرَاءَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

Latin: Nawaitu sauma asyuro sunatan lillahi ta’ala

Artinya: Aku berniat puasa Asyura sunnah karena Allah Ta’ala.

Salah satu hadis rasulullah yang disampaikan Abdullah Ibnu Abbas RA menyatakan apabila puasa Asyura menjadi salah satu ibadah sunnah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW gimana di dalam hadisnya yang artinya: Aku tidak pernah mendapati Rasulullah SAW menjaga puasa pada suatu hari dikarenakan keutamaannya jika dibandingkan hari yang lain kecuali hari ini yaitu hari Asyura dan bulan ini yaitu bulan Ramadan.

Previous articleAzərbaycanda rəsmi say
Next article5 Fakta Bubur Asyura 10 Muharram Yang Jadi Tradisi di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here