Home Dalam Negeri Megawati Resmi Dilantik Jokowi Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

Megawati Resmi Dilantik Jokowi Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

244
0
Ketua Dewan Pengarah BRIN
Ketua Dewan Pengarah BRIN

SMARTLAPAK.COM – Megawati Resmi Dilantik Jokowi Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN Belum lama ini presiden Joko Widodo resmi melantik megawati Soekarnoputri sebagai dewan pengarah badan riset dan inovasi nasional (BRIN) di Istana Negara, rabu 13 Oktober 2021 di mana presiden ke-5 republik Indonesia tersebut resmi memperoleh jabatan sebagai ketua dewan pengarah BRIN untuk beberapa tahun kedepan.

Megawati resmi dilantik Jokowi jadi ketua dewan pengarah BRIN terjadi pada hari ini di Jakarta tepatnya di Istana Negara dan selanjutnya penetapan keanggotaan dewan pengarah BRIN sudah tertuang pada keputusan presiden dengan nomor 45 tahun 2021 yaitu terkait pengangkatan keanggotaan dewan pengarah badan riset dan inovasi nasional.

Menurut Deputi bidang administrasi aparatur Kementerian Sekretariat Negara yaitu Nanik Purwanti, apabila Presiden mengangkat keanggotaan dewan pengarah badan riset dan inovasi nasional diantaranya adalah Doktor honoris causa megawati Soekarnoputri yang resmi menjadi ketua.

Selanjutnya menurut Nanik Purwanti, selain Megawati yang diangkat terdapat 9 orang yang resmi ditetapkan sebagai dewan pengarah BRIN diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan menteri perencanaan pembangunan nasional ya itu Suharso Monoarfa dimana keduanya dilantik menjadi wakil ketua dewan pengarah.

Selanjutnya sudhamek Agung waspodo soenjoto dilantik sebagai sekretaris dewan pengarah dan terdapat enam orang lain ditetapkan sebagai anggota di mana mereka bernama Marsudi Wahyu Kisworo, dan Tri Mumpuni, Emil Salim, I Gede Wenten, Bambang Kesowo, dan Adi Utarini.

Salah satu bunyi lanjutan dari keputusan presiden yaitu berbunyi: “Dan dan kepada ada yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan peraturan perundang,”

Di depan Presiden Joko Widodo 10 anggota dewan pengarah BRIN mengucapkan janji sumpah jabatan yang dipandu oleh Kepala negara dimana mereka berjanji akan setia kepada undang-undang RI tahun 45 dan akan menjalankan Semua peraturan perundang-undangan dengan lulus demi Dharma Bakti kepada bangsa dan negara.

Selanjutnya di dalam Sumpah diucapkan apabila 10 orang ini akan menjalankan tugas jabatan dan akan menunjuk tinggi etika jabatan, bekerja dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Fungsi BRIN

Setelah Megawati Soekarnoputri diangkat sebagai ketua dewan pengarah BRIN, maka ada beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh dirinya di mana BRIN na mempunyai pengertian yaitu lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden.

Selanjutnya BRIN nya dalam melaksanakan seluruh penelitian, pengkajian, dan pengembangan, dan penerapan juga invensi melakukan monitoring, pengendalian, dan evaluasi Pada pelaksanaan tugas dan fungsi badan riset dan inovasi daerah atau BRIDA.

Adapun Fungsi dari Dewan pengarah BRIN diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pelaksanaan dan pengawasan penelitian pengembangan pengkajian dan penerapan juga invensi dan inovasi yang memperkuat peran dan kedudukan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional untuk semua bidang kehidupan akan tetapi tetap berpedoman pada nilai pancasila.
  • Pelaksanaan pengendalian penelitian pengembangan pengkajian dan penerapan juga invensi dan inovasi secara menyeluruh dan berkelanjutan.
  • Pemberian fasilitas, bimbingan teknis, supervisi dan pembinaan juga Pemantauan dan evaluasi pada bidang penelitian, pengkajian, pengembangan, dan penerapan dan invensi dan inovasi.
  • Pelaksanaan pembangunan, pengelolaan, dan pengembangan sistem informasi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan dan invensi dan inovasi.
  • Sebagai pelaksana koordinasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian, pengembangan pengkajian dan penerapan dan invensi dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasil lembaga atau organisasi penelitian.
  • Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang standar kualitas lembaga penelitian dan perekayasa sarana dan prasarana riset dan teknologi, penguatan Inovasi dan riset dan pembinaan juga pengembangan jabatan atau profesi penelitian dan perekayasa teknologi, penguasaan alih teknologi, penguatan kemampuan audit teknologi, perlindungan hak kekayaan intelektual dan pengetahuan tradisional, percepatan penguasaan, pemanfaatan dan pemajuan riset dan teknologi.
  • Memonitoring, mengendalikan dan mengevaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi BRIDA

Tugas Dewan Pengarah BRIN

Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa tugasnya harus dilakukan terutama Megawati sebagai ketua yaitu tertuang di dalam peraturan Presiden Nomor 33 tahun 2021 yang dikatakan apabila BRIN didalamnya terdiri atas dewan pengarah dan pelaksana.

Selanjutnya untuk Megawati selaku ketua dewan pengarah mempunyai tugas memberikan arahan kepada kepala BRIN dalam merumuskan kebijakan dan penyelenggaraan penelitian, pengembangan, penerapan dan pengkajian dan juga invensi dan inovasi menjadi sebuah landasan dalam perencanaan pembangunan nasional untuk semua bidang kehidupan yang berpedoman kepada Pancasila.

Previous articleInfo BMKG: Gempa Hari Ini di Pacitan Terasa Sampai Yogyakarta
Next articleAprender programação Academia de Código lança ‘bootcamps’ à distância

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here