Home Kesehatan 6 Manfaat Rutin Olahraga Untuk kesehatan Tubuh

6 Manfaat Rutin Olahraga Untuk kesehatan Tubuh

247
0
Manfaat Rutin Olahraga
Manfaat Rutin Olahraga
SMARTLAPAK.COM – 6 Manfaat Rutin Olahraga Untuk kesehatan Tubuh Apa olahraga favoritmu? Apakah itu berenang, bersepeda, berlari, atau sepak bola? Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga yang tepat juga dapat membantu menjaga kesehatan mental dan memengaruhi suasana hati. Selain itu, Manfaat Rutin Olahraga juga sering menjadi salah satu cara untuk membentuk tubuh ideal dan menurunkan berat badan.

Manfaat Rutin Olahraga

Pastinya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh kita ketika rutin berolahraga dan oleh karena itu, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika kalian rajin berolahraga.

Suasana hati meningkat dan kebahagiaan

Bahkan jika Anda hanya berolahraga sebentar, penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mempengaruhi perasaan secara signifikan. Olahraga telah terbukti meningkatkan suasana hati atau perasaan bahagia dan membantu mengurangi kecemasan, stres, dan depresi. Hal ini terjadi karena olahraga dapat membantu meningkatkan kepekaan otak untuk memproduksi berbagai hormon penting dalam tubuh dan mempengaruhi mood. Produksi hormon serotonin dan norepinefrin dapat membantu meredakan depresi, mengatur stres dan kecemasan. Ada juga endorfin yang membantu menghasilkan perasaan positif, dan olahraga juga dianggap mengurangi gejala kecemasan.

Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat olahraga teratur bagi tubuh adalah membantu menurunkan berat badan. Tapi ini hanya bisa terjadi jika Anda memahami hubungan antara jenis olahraga yang Anda lakukan dan jumlah energi yang dikeluarkan tubuh Anda. Selain untuk berolahraga, energi dapat digunakan untuk menjalankan fungsi kerja organ tubuh seperti detak jantung dan sistem pernapasan serta keluar melalui proses pencernaan dari sumber makanan itu sendiri. Saat Anda berdiet, mengurangi asupan kalori justru akan menurunkan laju metabolisme tubuh dan memperlambat proses penurunan berat badan. Tetapi jika Anda berolahraga, Anda akan membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan metabolisme Anda, yang mengakibatkan penurunan berat badan. Anda dapat memilih jenis latihan aerobik dan latihan berulang untuk mengurangi kandungan lemak dan menjaga massa otot yang merupakan elemen penting dalam menjaga berat badan ideal.

Menjaga kesehatan tulang dan otot

Aktivitas fisik seperti angkat beban dapat merangsang pembentukan otot jika dibarengi dengan asupan protein yang tepat. Hal ini terjadi karena dengan berolahraga tubuh dapat membantu melepaskan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otot menyerap asam amino yang baik untuk pertumbuhan tulang dan otot serta memperbaiki segala kerusakan yang mungkin terjadi. Seiring bertambahnya usia, tubuh cenderung kehilangan massa otot dan fungsi otot yang dapat menyebabkan cedera dan kecacatan, sehingga olahraga teratur dapat membantu membangun kepadatan tulang dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Meningkatkan energi tubuh

Manfaat lain dari olahraga teratur bagi tubuh adalah meningkatkan energi dan stamina bagi Anda yang memiliki berbagai macam aktivitas atau yang memiliki kondisi medis tertentu. Selain itu, olahraga diklaim dapat mengurangi kelelahan berkepanjangan dan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Mengurangi risiko penyakit kronis

Olahraga teratur dinilai dapat membantu tubuh menjaga kondisi fisik dan mental. Menurut penelitian, salah satu penyebab utama penyakit kronis terjadi karena kurangnya aktivitas fisik atau olahraga teratur. Padahal olahraga teratur terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kadar lemak darah. Jadi melakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur sangat penting untuk membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Menjaga kesehatan kulit

Stres oksidatif yang dihasilkan tubuh saat berolahraga tidak hanya berdampak pada suasana hati, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah dan membantu memperlambat proses penuaan kulit. Itulah pembahasan mengenai Manfaat Olahraga rutin bagi tubuh, semoga bermanfaat.
Previous articleHarga & Spesifikasi Infinix Zero X Series Terbaru 2021
Next article5 Khasiat Buah Mulberry Untuk Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here