Home Kesehatan Kontroversi Kopi Aman Bagi Anak Atau Tidak

Kontroversi Kopi Aman Bagi Anak Atau Tidak

265
0
Kopi Aman Bagi Anak
Kopi Aman Bagi Anak

SMARTLAPAK.COM – Kontroversi Kopi Aman Bagi Anak Atau Tidak Sudah sejak lama perdebatan dan kontroversi apakah kopi aman untuk anak atau malah sebaliknya dikarenakan di dalam kopi mengandung kafein yang jika dalam takaran tinggi memang sangat tidak baik untuk anak-anak akan tetapi dalam perdebatan lain, jika kopi diminum anak dalam batas wajar maka masih aman dan oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas kontroversi kopi aman bagi anak atau tidak.

Kopi aman bagi anak atau tidak pastinya menjadi pertanyaan dan perdebatan sampai sekarang dari dahulu kala dimana diketahui apabila kopi mengandung kafein senyawa psikoaktif yang bisa mendongkrak mood seseorang, malahan bisa membuat semangat seseorang menjadi tinggi ketika mengkonsumsi kopi dikarenakan ada juga efek diuretik ringan.

Kopi Aman Bagi Anak

Walaupun masih ada perdebatan terkait manfaat kopi untuk anak dan juga masalah keamanan kopi bagi anak-anak akan tetapi ternyata jumlah anak yang mengkonsumsi kopi semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Dalam sebuah penelitian untuk angka persentase anak yang mengkonsumsi kopi dikabarkan semakin meningkat dari tahun ke tahun atau tepat sepanjang tahun 2016, terdapat peningkatan sampai 31% di mana angka ini sudah sangat meresahkan.

Bahaya kafein untuk anak

Berikut adalah beberapa penjelasan yang kami rangkum dari berbagai sumber di internet tentang bahaya kafein untuk anak yang ada di dalam kopi dimana kafein terdapat bukan hanya di copy saja, akan tetapi terdapat di cokelat, minuman bersoda, sampai secangkir teh.

Dari sumber tersebut, maka kafein yang paling banyak memang berasal dari kopi di mana kafein dapat merangsang sistem saraf dan membuat otak bekerja lebih maksimal akan tetapi dikarenakan tubuh anak masih berukuran kecil apalagi masih dalam fase perkembangan maka pengaruh kafein tidak begitu bagus dalam fungsi anak.

Selanjutnya efek negatif kafein malah akan lebih muncul bagi anak diantaranya bisa memicu kegelisahan, meningkatkan detak jantung, dan tekanan darah akan semakin tinggi, menyebabkan asam lambung, bisa mengganggu pola tidur anak.

Dikarenakan tubuh anak masih kecil maka efek samping tersebut akan lebih cepat terasa dibandingkan orang dewasa sehingga kurang baik untuk anak-anak.

Selanjutnya terdapat resiko bagi anak yang suka minum kopi yang memang sangat tidak direkomendasikan.

Takaran kopi untuk anak

Walaupun terdapat beberapa Resiko yang memang tidak baik akan tetapi jika memang anak Anda ingin mengkonsumsi kopi, maka di bawah ini adalah beberapa takaran yang harus anda perhatikan yang disesuaikan dengan usia anak ketika mengkonsumsi kopi.

  • Anak Usia 4-6 tahun: 40 mg atau setara dengan setengah cangkir kecil per hari.
  • Anak Usia 7-9 tahun: 62,5 mg per hari.
  • Anak Usia 10-12 tahun: 85 mg per hari.
  • Anak Usia remaja: 100 mg per hari.
Previous article5 Khasiat Arang Bagi Tanaman Yang Bermanfaat
Next articleDiskon listrik PLN November 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here