Home Luar Negeri Klaim Wayang Kulit Asal Malaysia, Adidas Minta Maaf

Klaim Wayang Kulit Asal Malaysia, Adidas Minta Maaf

274
0
Klaim Wayang Kulit Asal Malaysia
Klaim Wayang Kulit Asal Malaysia

SMARTLAPAK.COM – Klaim Wayang Kulit Asal Malaysia, Adidas Minta Maaf Dalam sebuah postingan melalui akun Instagram Adidas Filipina, sempat dalam peluncuran sepatu Adidas dengan tema wayang kulit mengatakan apabila wayang kulit menjadi warisan budaya yang berasal dari Malaysia. Akibat postingan tersebut, akun Instagram @adidasph atau Adidas Filipina langsung diserang oleh netizen Indonesia dikarenakan banyak kesalahan yang tertulis apalagi kebudayaan tersebut bukanlah dari Malaysia namun asli Indonesia dan sudah diakui UNESCO pada bulan November tahun 2003 yang lalu.

Kesalahan dengan mengatakan jika wayang kulit asli Malaysia langsung ditanggapi serius oleh netizen dan tidak salah Apabila akun Instagram Adidas Philippine langsung mendapatkan Respon yang sangat tidak baik dan banyak hujatan dari netizen akibat ketidaktahuan admin yang memposting. Pasalnya diketahui jika wayang kulit adalah asli dari Indonesia. Akibat kesalahan tersebut, pihak Adidas Belum lama ini melakukan klarifikasi dengan meminta maaf dan menegaskan apabila wayang kulit asli Indonesia.

Klaim Wayang Kulit Asal Malaysia, Adidas Minta Maaf

Sempat mengatakan apabila wayang kulit yang jadi desain pada salah satu produk terbaru mereka berasal dari negara Malaysia dan selanjutnya mendapatkan kecaman dari netizen ternyata Belum lama ini perusahaan Adidas langsung meminta maaf dan menyebut apabila kebudayaan tersebut berasal dari Indonesia bukan Malaysia.

Bukan hanya itu saja Adidas Pusat menjelaskan Apabila mereka mengakui jika wayang kulit adalah asli kebudayaan Indonesia dan selanjutnya mereka meminta maaf atas postingan dari Adidas Singapura dan selanjutnya mereka mempertegas jika tidak ada niat untuk meng klaim terkait masalah tersebut.

Di dalam Instagram Story dituliskan Apabila mereka berterima kasih kepada warga Indonesia yang telah menghubungi mereka dan selanjutnya wayang kulit yang ditulis sebagai bagian budaya Malaysia setelah mereka ubah dan diganti menjadi warisan budaya Indonesia.

Selanjutnya pihak Adidas langsung meminta maaf terkait masalah tersebut dan mereka mengatakan tidak sengaja tentang postingan yang sudah viral dan mereka pun sudah mengubah postingan tersebut.

Sejarah wayang kulit

Seperti dikutip dari jurnal sejarah perkembangan dan perubahan fungsi wayang dalam masyarakat yang ditulis oleh Fathur Rohman Nur Awalin melalui situs Kemendikbud, apabila wa yang telah ada di Indonesia semenjak 1500 sebelum Masehi.

Selanjutnya wayang di zaman tersebut difungsikan sebagai media untuk mendatangkan arwah leluhur dikarenakan saat itu kepercayaan terhadap arwah leluhur sangat kental dan mereka percaya jika arwah leluhur bisa berkorelasi dengan sistem kepercayaan masyarakat Jawa zaman prasejarah dan mereka biasa melakukan ritual penyembahan kepada arwah leluhur dan percaya kepada Hyang yang selanjutnya disebut dengan wayang.

Wayang pada masa tersebut dipakai sebagai media pemujaan kepada arwah leluhur dengan sebutan dahYang apabila berkomunikasi dengan roh tersebut biasanya masyarakat Jawa memerlukan bantuan seorang Syaman sehingga asal-muasal dari sejarah wayang ternyata diambil dari kata hyang udah selanjutnya Syaman menjadi dalang.

Setelah itu masuk kebudayaan Hindu ke tanah Jawa dan ternyata mempengaruhi kisah pewayangan yang sampai saat ini menjadi budaya yang sangat melekat di tanah Jawa.

Selanjutnya pertunjukan wayang yang semula menceritakan mitos nenek moyang langsung berubah menjadi epos Mahabarata dan juga Ramayana dikarenakan terdapat kesamaan yaitu memuja Dewa Dewa.

Selanjutnya orang Jawa melakukan adopsi Dewa dan pahlawan India dan selanjutnya mencampur dengan mitos kuno tentang asal-usul dan kepahlawanan nenek moyang maka terjadilah akulturasi Hindu ke Jawa dan proses jawanisasi budaya Hindu.

Selanjutnya untuk wayang kulit diketahui keberadaannya sudah ada dari dulu berkat beberapa temuan prasasti prasasti dimana wayang dari bentuknya yang sangat sederhana kemudian menjadi bentuk yang sekarang telah mengalami perkembangan dengan menyesuaikan zaman dan evolusi.

Previous article6 Penyebab Masalah Kerusakan Rambut Yang jarang Diketahui
Next articleManfaat Minum Air Panas Untuk Tubuh Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here