Home Dalam Negeri Info BMKG: Gempa Hari Ini di Pacitan Terasa Sampai Yogyakarta

Info BMKG: Gempa Hari Ini di Pacitan Terasa Sampai Yogyakarta

275
0
Gempa Hari Ini Di Pacitan
Gempa Hari Ini Di Pacitan

SMARTLAPAK.COM – Info BMKG: Gempa Hari Ini di Pacitan Terasa Sampai Yogyakarta Belum lama ini pihak BMKG resmi melaporkan apabila gempa tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Pacitan yang ada di Jawa Timur tepatnya terjadi pada hari Rabu 13 Oktober 2021 sekitar jam 12.00.47 WIB. Selanjutnya menurut pihak BMKG badan meteorologi klimatologi dan geofisika apabila gempa di Pacitan mempunyai kekuatan 4,8 M malahan gempa ini dikabarkan terasa sampai ke Yogyakarta.

Menurut informasi dari pihak BMKG terkait gempa hari ini, gempa Pacitan bukan hanya sangat terasa di daerah tersebut akan tetapi untuk guncangan gempa dirasakan di daerah Trenggalek, daerah Gunung Kidul, bantul, sampai terasa di Yogyakarta. Selanjutnya kekuatan gempa yang terjadi di Gunung Kidul dikabarkan oleh pihak BMKG mencapai skala III MMI dengan getaran nyata yang dirasakan didalam rumah seperti getaran akibat truk yang berlalu.

Gempa Hari Ini di Pacitan

Selanjutnya di daerah Yogyakarta, untuk kekuatan gempa mencapai skala II MMI dan dampak dari Getaran yang dirasakan akibat gempa hari ini yang pusatnya di daerah Pacitan ternyata getaran dirasakan oleh beberapa orang sampai menyebabkan beberapa benda ringan terjatuh dan juga bergoyang.

Menurut ihsan selaku Kepala Stageof BMKG Sleman apabila episenter gempa letaknya di koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT dan untuk tempatnya yaitu ada di laut dengan jarak 78 km ke arah barat daya Pacitan dengan kedalaman gempa mencapai 55 kilometer.

Dengan adanya episenter tersebut maka gempa Pacitan menjadi fenomena tersendiri yang termasuk ke dalam gempa dangkal yang diakibatkan oleh subduksi lempeng indo-australia yang Menghujam ke bawah lempeng Eurasia di Samudra Hindia yang ada di di selatan pulau Jawa.

Sampai sore ini, tercatat terdapat gempa susulan dan selanjutnya pihak BMKG memberikan himbauan kepada masyarakat supaya tetap tenang dan selanjutnya masyarakat tidak terpengaruh oleh berita hoax maupun isu yang tidak bertanggung jawab terkait Gempa yang terjadi di Pacitan.

Selanjutnya pihak BMKG meminta kepada masyarakat untuk selalu up to date terkait gempa Pacitan melalui website mereka ataupun melalui media sosial supaya bisa menghindari dari berita simpang siur yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya pihak BMKG meminta agar masyarakat melakukan pemeriksaan terhadap bangunan tempat tinggal apakah layak untuk ditempati atau tidak dan jika tidak layak maka jangan sampai berada di dalam rumah karena hal tersebut bisa berbahaya jika terjadi gempa susulan.

Seperti diketahui apabila pada hari ini, gempa hari ini terjadi di daerah Pacitan yang mempunyai kekuatan 4,8 skala Richter dimana gempa ini termasuk gempa dangkal seperti yang diungkapkan oleh pihak BMKG dan untuk getaran gempa terasa sampai Yogyakarta dan selanjutnya pihak BMKG meminta supaya masyarakat selalu waspada dikarenakan terdapat gempa susulan.

Previous articleSyarat Mendapatkan STB Gratis Dari Pemerintah
Next articleMegawati Resmi Dilantik Jokowi Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here