Home Dalam Negeri Gempa Nias Hari Ini 6,7 SR Terasa Sampai Padang

Gempa Nias Hari Ini 6,7 SR Terasa Sampai Padang

184
0
Gempa Nias Hari Ini
Gempa Nias Hari Ini

SMARTLAPAK.COM – Gempa Nias Hari Ini 6,7 SR Terasa Sampai Padang Belum lama ini terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,7 SR dan terjadi di Nias Selatan Sumatera Utara tepatnya pada hari Senin 14 Maret 2022. Gempa yang terjadi pada pagi hari sekitar jam 4 subuh untuk getarannya sendiri ternyata terasa sampai ke beberapa wilayah yang ada di Sumbar salah satunya sampai terasa di Padang.

Gempa Nias hari ini dengan kekuatan 6,7 magnitudo kuat rasa sampai beberapa wilayah di Sumatera utara dan Sumatera Barat malahan ratusan warga yang ada di kabupaten Agam harus berhamburan keluar rumah dikarenakan takut rumah mereka roboh apalagi gempa sangat kuat walaupun menurut BMKG tidak berpotensi tsunami.

Gempa Nias Hari Ini 6,7 SR Terasa Sampai Padang

Salah Seorang warga Lubuk Basung bernama Yati berusia 30 tahun mengatakan kepada awak media apabila goncangan gempa Nias yang terjadi pada hari ini terbilang sangat kuat malahan dirinya mengaku sangat kaget dan ada warga yang berteriak supaya tetangga yang lain untuk bangun dan keluar rumah dikarenakan getaran sangat kuat.

Salah seorang bernama Ridwan berusia 24 tahun yang tinggal di pesisir pantai Tanjung Mutiara, dirinya menegaskan di saat terjadi gempa bumi seluruh warga langsung berlari menyelamatkan diri sambil mencari informasi apakah getaran bumi ini berpotensi tsunami ataukah tidak.

Selanjutnya beberapa warga lain yang ada di kecamatan Palembayan mengaku sangat ketakutan dikarenakan Lokasi gempa terbilang sangat dekat dari tempat tinggalnya walaupun Sampai berita ini diturunkan belum ada informasi terkait kerusakan ringan ataupun berat maupun korban jiwa di kabupaten Agam.

Dari hasil analisa pihak BMKG untuk gempa jenis tektonik yang ada di wilayah Nias Selatan dikabarkan mempunyai parameter update dengan magnitudo 6,7 selanjutnya episentral gempa letaknya berada di koordinat 0,71° LS ; 98,50° BT, dan berada di laut dengan jarak 6 KM arah Selatan hibala Nias Selatan dan kedalaman gempa Yaitu 25 km.

Menurut kepala pusat gempa bumi dan tsunami BMKG Bambang Setyo Prayitno, apabila Gempa yang terjadi di Nias merupakan gempa dangkal sehingga mengakibatkan aktivitas subduksi lempeng dan hasil analisis mekanisme memperlihatkan apabila gempa bumi mempunyai mekanisme pergerakan naik sehingga akan terasa di beberapa wilayah.

Dampak dari gempa Nias ternyata sampai ke daerah Padang selanjutnya Siberut, dan terasa juga di Nias Selatan, gunung Sitoli dengan skala intensitas 4 MMI selanjutnya untuk Padang Panjang sampai Bukittinggi skala intensitas 3 MMI, selanjutnya untuk daerah payakumbuh sampai Tapanuli Selatan skala intensitas mencapai 2 MMI.

Pihak BMKG menghimbau kepada masyarakat supaya tetap tenang dikarenakan gempa Nias tidak berpotensi tsunami dan pihak BMKG meminta agar masyarakat tidak terpengaruh dengan isu hoax pemberitaan di media sosial yang kerap saja ada orang yang tidak bertanggung jawab melakukan hal tersebut.

BMKG meminta agar masyarakat bisa menghindari bangunan yang sudah retak ataupun rusak diakibatkan gempa bumi dan rajin melakukan pemeriksaan bangunan tempat tinggal Apakah tahan gempa atau tidak supaya hal tersebut tidak membahayakan jiwa masyarakat.

Previous articleFakta PLTP Dieng Mengalami Kebocoran Gas Yang Merenggut Korban Jiwa
Next articleNisfu Syaban 2022 Jatuh Pada Tanggal 17 dan 18 Maret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here