Home Dalam Negeri Fakta Hari Raya Nyepi 2022 Yang Jarang Diketahui

Fakta Hari Raya Nyepi 2022 Yang Jarang Diketahui

229
0
Hari Raya Nyepi 2022
Hari Raya Nyepi 2022

SMARTLAPAK.COM – Fakta Hari Raya Nyepi 2022 Yang Jarang Diketahui Bagi umat Hindu pada hari ini Kamis 3 Maret merupakan hari yang sangat dihormati dan menjadi hari besar umat Hindu dikarenakan bertepatan pada hari ini mereka merayakan hari raya Nyepi 2022. Bagi kalian yang ingin mengetahui fakta terkait hari Nyepi maka pada artikel kali ini kami akan membahasnya.

Hari raya Nyepi 2022 jatuh pada tanggal 3 Maret di mana hari ini menjadi hari besar bagi agama Hindu terutama sangat dinantikan masyarakat yang ada di Bali dikarenakan diketahui apabila Bali menjadi salah satu wilayah yang mayoritas beragama Hindu.

Pengertian nyepi ternyata diambil dari kata sepi atau senyap atau sunyi yang mempunyai arti masyarakat yang beragama Hindu akan berdiam diri dirumah tanpa melakukan aktivitas selama sehari dan hari raya Nyepi dikenal sebagai perayaan tahun baru Saka dalam kalender Saka yang dimulai semenjak tahun 78 Masehi.

Berbeda dengan perayaan tahun baru Masehi maka untuk tahun baru Saka yang ada di Bali biasa dimulai dengan nyepi tanpa melakukan aktivitas seperti biasanya dimana masyarakat akan meninggalkan kegiatan termasuk pelayanan umum dan juga beberapa hal.

Fakta hari raya Nyepi

Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet, di bawah ini adalah beberapa fakta yang harus anda ketahui terkait peringatan hari Nyepi.

Fasilitas umum berhenti beroperasi

Beberapa fasilitas umum di antaranya toko Swalayan tempat hiburan tempat wisata sampai bandara ketika memasuki hari raya Nyepi maka akan berhenti beroperasi dan Hal ini bertujuan untuk menghargai umat Hindu yang ada di Bali.

Akan tetapi ada beberapa apa objek vital yang dipastikan tetap buka namun dengan persyaratan mempunyai sifat darurat saja.

Khas dengan pecalang

Ketika perayaan hari raya Nyepi maka pastinya sangat khas dengan Polisi adat atau biasa dikenal sebagai pesawat dan uniknya yang melakukan tugas sosial tersebut berasal dari agama non Hindu dan hal ini sebagai perwujudan rasa persatuan dan kesatuan dan kebhinekaan yang ada di Bali.

Para pecalang akan mengamankan seluruh wilayah yang ada di Bali agar peringatan Nyepi dapat dilakukan secara Hidmat.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dipastikan ditutup

Di Saat memasuki perayaan hari raya Nyepi maka salah satu bandara terbesar yang ada di Bali yaitu I Gusti Ngurah Rai dipastikan akan ditutup untuk sementara waktu malahan bandara dipastikan tidak melayani jadwal penerbangan hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan tradisi yang sudah ada secara turun temurun di Bali.

Hari raya Nyepi dengan Bali

Walaupun hari raya Nyepi menjadi peringatan hari raya internasional Akan tetapi jika dilihat di Indonesia sendiri maka perayaan Nyepi yang paling populer hanya dilakukan di Bali dan bukan hanya perayaan tersebut momen ini dijadikan oleh masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu untuk melakukan pembaruan di tahun baru selanjutnya melakukan intropeksi dan bangkit.

Previous articleProfil Ainun Najib Yang Diminta Presiden Balik Ke Indonesia
Next articleLeovegas Online Casino Review 2020 Claim The 30, 000 Bonus In India

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here