Home Dalam Negeri Elektabilitas Anies Baswedan Merosot Karena Faktor Ini

Elektabilitas Anies Baswedan Merosot Karena Faktor Ini

513
0
Elektabilitas Anies Baswedan Merosot Karena Faktor Ini
Elektabilitas Anies Baswedan Merosot Karena Faktor Ini

SMARTLAPAK.COM – Elektabilitas Anies Baswedan Merosot Karena Faktor Ini Saiful mujani selaku pendiri lembaga survei saya pemujane Resort and consulting atau SMRC belum lama ini memberikan bocoran terkait sejumlah faktor yang membuat elektabilitas Anies Baswedan merosot tajam di sejumlah survei nasional untuk calon Presiden di Pilpres 2024 yang kian hari semakin memburuk dan memprihatinkan.

Di dalam survei smrc yang dikeluarkan dan dilakukan pada bulan Desember 2022 elektabilitas Anies Baswedan memperoleh 28,1 persen di mana Anies Baswedan masih dapat bersaing dengan dua calon presiden yang lain di antaranya Ganjar pranowo dan Prabowo Subianto selanjutnya dalam survei terbaru di awal bulan Mei 2023 ternyata elektabilitas Anies Baswedan terus menyusut sampai hanya mendapatkan 19,7 persen yang pastinya tertinggal jauh dengan kedua rivalnya ganjar dan Prabowo.

Menurut Saiful muzani ada sejumlah faktor yang membuat elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta kian menurun salah satunya dipicu karena adanya perbedaan ideologi dari Anies Baswedan.

Menurut Saiful mujani, dalam konteks Indonesia maka ideologi yang dimaksud yaitu kecenderungan pada politik Islam dan politik kebangsaan atau yang menekankan pada nilai Pancasila.

Selanjutnya pada aspek ideologi dalam skala 0 sampai 10 maka publik Indonesia rata-rata kan dirinya di angka 4,75 berdasarkan data tersebut maka menurut Saiful dirinya menilai apabila publik Indonesia lebih mengidentifikasi diri dekat dengan ideologi Pancasila.

Sementara menurut penilaian publik untuk spektrum ideologi Pancasila dan Islam maka Anies Baswedan dinilai berada di angka 5,41.

Selanjutnya Ganjar pranowo dinilai mempunyai rata-rata di angka 4,72 di mana angka tersebut menurut Saiful sangat dekat dengan posisi ideologis umumnya publik indonesia yaitu sekitar 4,75.

“Ideologi Ganjar pranowo merupakan ideologi rakyat Indonesia,” tegas Saiful mujani.

Selanjutnya menurut Saiful, apabila secara umum anies Baswedan dinilai oleh pemilih Indonesia lebih Islam sementara pemilih pada umumnya kurang ke politik Islam dan lebih condong ke politik Pancasila dan hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat Anies Baswedan tidak mudah berkembang secara elektroniral.

Selanjutnya menurut Saiful, apabila di dalam politik praktis untuk memperoleh dukungan publik maka seorang politikus wajib sejalan dengan posisi umumnya Para pemilik dan oleh karena itu, untuk memperbesar peluang dipilih maka seharusnya Anies Baswedan harus menjelaskan pada publik apabila ideologinya tidak berbeda dengan ideologi publik pada umumnya.

Selanjutnya dalam hal persepsi kondisi ekonomi maka penilaian positif publik terhadap kondisi ekonomi nasional saat ini sudah pulih kembali ke kondisi awal sebelum pandemi covid 19 dalam skala 0-100 maka indeks kondisi ekonomi mengalami kenaikan menjadi 65,8 di awal bulan Mei 2023.

Previous articlePendukung Anies Ditertawakan Usai Kalah di Survei Menang di Polling PKS
Next articleHasto PDIP Sebut Anies Prestasi Nol Besar Tapi Ngomong Si Paling Dijegal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here