Home Dalam Negeri Daftar Amalan Sunah Sebelum Sholat Idul Adha

Daftar Amalan Sunah Sebelum Sholat Idul Adha

141
0
Daftar Amalan Sunah Sebelum Sholat Idul Adha
Daftar Amalan Sunah Sebelum Sholat Idul Adha

SMARTLAPAK.COM – Daftar Amalan Sunah Sebelum Sholat Idul Adha Pada hari ini umat Muhammadiyah sudah melaksanakan salat hari raya Idul Adha dan bagi pemerintah bersama Nahdlatul Ulama maka salat hari Raya Iduladha akan berlangsung pada hari Minggu 10 Juli dan diketahui setelah melaksanakan salat Ied maka bagi yang akan berkurban bisa melakukan pada hari yang sama. Namun bagi kalian yang ingin melaksanakan salat Hari Raya Iduladha harus mengetahui ada beberapa daftar amalan sunnah sebelum shalat Idul Adha yang pastinya recommended untuk dilakukan.

Amalan sunah sebelum salat Idul Adha terbilang banyak dimana mempunyai Fadilah atau keunggulan jika kalian lakukan dan amalan ini menjadi amalan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW sehingga sesuai dengan hadis nabi.

Diketahui apabila hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban menjadi salah satu hari besar dalam agama Islam dimana pada kisahnya yaitu untuk mengingat bagaimana keridhaan sosok Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya yaitu Nabi Ismail sebagai salah satu perwujudan kepatuhan kepada Allah SWT.

Akan tetapi sebelum nabi Ibrahim mengorbankan Nabi Ismail ternyata Allah SWT sudah menggantikan sosok Ismail dengan domba dari surga.

Daftar Amalan Sunah Sebelum Sholat Idul Adha

Bagi kalian yang belum mengetahui apa saja amalan sunnah yang direkomendasikan dilakukan sebelum melaksanakan salat Hari Raya Iduladha maka berikut adalah daftarnya.

Mengumandangkan takbir

Didalam sebuah kitab yang bernama Roudlotul tholibin amalan sunnah Idul Adha yang perlu dilakukan oleh umat muslim yaitu mengumandangkan takbir di masjid mushola sampai rumah pada malam hari raya sehingga tidak salah apabila hampir 4 mazhab akan melakukan takbir untuk salat Idul Adha.

Mandi sebelum salat Ied

Selanjutnya dianjurkan atau disunnahkan mandi terlebih dahulu sebelum salat Idul Adha dan bisa dilakukan pada pagi hari seperti setelah salat subuh atau dianjurkan sebelum salat subuh dikarenakan mandi tersebut bertujuan agar bisa membersihkan diri dari kotoran ataupun najis sebelum nantinya melaksanakan salat Ied.

Memakai wewangian

Bagi kalian yang akan pergi melaksanakan salat Ied maka disunahkan untuk memakai wewangian selanjutnya memotong rambut lalu memotong kuku dan dianjurkan menghilangkan bau yang tidak enak dari tubuh hal tersebut sudah dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Memakai pakaian terbaik

Apabila kalian mempunyai baju yang baik dan juga bersih maka dianjurkan untuk dipakai pada hari Raya Iduladha akan tetapi disunahkan memakai baju berwarna putih.

Berjalan kaki ke masjid

Ketika akan salat Idul Adha Maka sangat dianjurkan untuk berjalan kaki ke masjid ataupun mushola maupun lapangan namun bagi orang yang sudah berumur boleh berangkat dengan kendaraan dan dianjurkan Berangkat lebih awal supaya memperoleh SHAF paling depan.

Tidak makan sebelum salat Ied

Berbeda ketika hari raya Idul Fitri yang disunnahkan berbuka atau makan sebelum salat Ied maka untuk Idul Adha dianjurkan kalian tidak makan sebelum berangkat melaksanakan salat hari raya Idul Adha.

Previous articlePartai PAN Mengajak Demokrat Gabung KIB
Next article1Xbet Azerbaycan MƏRC SAYTI GİRİŞ 1xbet azerbaycan mobil uygulama yukl

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here