Home Kesehatan Cara Mudah Atasi Sembelit Ketika Hamil

Cara Mudah Atasi Sembelit Ketika Hamil

246
0
Cara Mudah Atasi Sembelit Ketika Hamil
Cara Mudah Atasi Sembelit Ketika Hamil

SMARTLAPAK.COM – Cara Mudah Atasi Sembelit Ketika Hamil Di saat masa kehamilan seorang Ibu pastinya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan secara ekstra dan juga hati-hati tama terkait masalah yang ada kaitannya dengan pencernaan. Dikarenakan biasanya, bagi ibu hamil maka akan muncul sembelit ketika hamil dan hal ini menjadi sesuatu hal yang memang umum terjadi pada perempuan yang tengah mengandung.

Cara mudah atasi sembelit ketika hamil sebetulnya bisa dilakukan oleh siapapun dikarenakan untuk caranya tidak begitu sulit apalagi sembelit menjadi sesuatu hal yang lumrah dirasakan bagi mereka yang sedang mengandung dan pasti akan dialami ibu hamil.

Malahan menurut penelitian yang dilakukan oleh Stacie Jhaveri salah seorang Pakar obstetri dan ginekologi dari Cleveland Clinic menegaskan, apabila sembelit merupakan efek samping yang umum terjadi pada masa kehamilan.

Penyebab ibu hamil sembelit

Berbicara tentang apa saja penyebab yang bisa mengakibatkan seorang ibu hamil mengalami sembelit maka ada 2 faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah sebagai berikut:

Hormon

Penyebab pertama yang mengakibatkan ibu hamil sembelit yaitu dikarenakan hormon di saat seseorang Tengah hamil maka produksi hormon progesteron akan semakin meningkat dan hal tersebut mengakibatkan otot usus menjadi rileks padahal tubuh membutuhkan otot khusus untuk melakukan kontraksi supaya bisa membuang air besar lebih normal dan Hal inilah yang memicu ibu hamil sembelit.

Tekanan pada rektum

Ketika ibu hamil maka yang terjadi rahim akan membesar dan hal tersebut bisa memberikan tekanan ekstra pada area rektum dan juga area usus dan Hal inilah yang bisa memicu seseorang menjadi sembelit.

Cara mudah atasi sembelit ketika hamil

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya bisa mencegah dan meredakan sembelit di masa kehamilan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Silakan memastikan cairan tubuh tercukupi yaitu dengan cara minum banyak air setidaknya 10 sampai 12 gelas per hari dan hal ini bisa membantu menyebabkan usus dan bisa mempermudah anda semua untuk buang air besar.
  • Sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat dikarenakan hal tersebut bisa membantu memperlancar pencernaan dan oleh karena itu bagi ibu hamil recommended mengkonsumsi buah dan sayuran.
  • Walaupun sedang hamil akan tetapi sangat direkomendasikan untuk rutin olahraga dikarenakan mempunyai manfaat yang sangat penting salah satunya membantu meringankan sembelit.
  • Selanjutnya Anda dapat memperlancar buang air besar alias sembelit dengan mencoba produk pelunak feses dimana hal tersebut bisa menyebabkan usus supaya memudahkan anda untuk BAB.
Previous articleKasus Omicron Jakarta Meningkat Siswa Boleh belajar di Rumah
Next articleKerusuhan Kazakhstan Menewaskan 164 Orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here