Home Kesehatan Cara Mencuci Masker Kain Yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Masker Kain Yang Baik dan Benar

198
0
Masker Kain
Masker Kain

SMARTLAPAK.COM – Cara Mencuci Masker Kain Yang Baik dan Benar Seperti diketahui Apabila salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang menjadi penyebab covid-19 yaitu seluruh masyarakat diminta untuk memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah dikarenakan hal ini bisa mencegah tertular virus mematikan tersebut dan bisa menjaga diri dari virus berbahaya Covid-19.

Namun bagi kalian yang menggunakan masker kain ternyata masker ini bisa dicuci dan dipakai berulang kali namun harus anda ketahui ada cara mencuci masker kain yang baik dan benar sehingga tidak boleh sembarangan apalagi masker tersebut sering anda gunakan di luar rumah sehingga mencucinya haruslah sebersih mungkin agar bisa kembali dipakai.

Para ahli merekomendasikan bagi masyarakat untuk memakai jenis masker tertentu untuk dipakai sehari itu salah satunya masker tipe N95 atau respirator filter tingkat tinggi akan tetapi pastinya harga masker ini terbilang mahal dan juga para ahli menyarankan untuk memakai masker bedah yang selanjutnya dilapisi kembali dengan masker kain.

Masker kain sampai saat ini masih diperbolehkan untuk dipakai yang bertujuan melindungi seseorang dari virus Corona malahan salah satu profesor Kedokteran di McMaster University bernama Catherine Clase mengingatkan supaya masyarakat memperhatikan kebersihan masker kain.

Menurut profesor Catherine Clase sebutan apabila masker kain harus dicuci setiap hari setelah dipakai untuk beraktivitas dan oleh karena itu Profesor menyarankan kepada masyarakat untuk mempunyai masker lebih dari satu supaya bisa berjaga-jaga.

Cara mencuci masker kain yang baik dan benar

Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencuci masker kain yang benar dan juga baik ternyata untuk mencuci masker kain bisa memakai mesin cuci atau menggunakan tangan akan tetapi seseorang harus memperhatikan suhu air di saat mencuci masker kain tersebut.

Mencuci masker kain sangat disarankan menggunakan air panas dan selanjutnya bisa menggunakan air paling hangat jika menggunakan mesin cuci. Menurut Health Canada apabila mencuci masker kain dengan sabun dan air hangat ataupun air panas maka hal ini menjadi metode yang sangat baik untuk mencuci masker kain tersebut di mana mereka berpendapat akan lebih sedikit tirus yang bisa bertahan pada paparan suhu tinggi dalam waktu yang lama.

Selanjutnya dari WHO selaku organisasi kesehatan dunia memberikan tips mencuci masker kain yaitu dengan air panas bersuhu 60 derajat Celcius dikarenakan virus akan mati dalam suhu tersebut.

Previous articleAlasan Kader PDIP Kembalikan Bantuan Gubernur Ganjar Pranowo
Next articlePenyebab Gempa Banten Terasa Sampai Lampung dan Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here