Home Kesehatan Cara Mencegah dan Penyebab Chikungunya

Cara Mencegah dan Penyebab Chikungunya

208
0
Cara Mencegah Dan Penyebab Chikungunya
Cara Mencegah Dan Penyebab Chikungunya

SMARTLAPAK.COM – Cara Mencegah dan Penyebab Chikungunya Musim hujan yang akan panjang dipastikan akan mengundang banyak sekali penyakit salah satunya adalah demam berdarah sampai chikungunya. Apabila berbicara tentang penyakit chikungunya maka Penyakit ini merupakan infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk dan mengakibatkan gejala demam tinggi disertai nyeri di area sendi sehingga patut untuk anda waspadai terutama saat ini tengah musim penghujan.

Chikungunya mempunyai penyebab dan juga mempunyai cara mengatasi dan pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua. Chikungunya merupakan penyakit infeksi virus yang ditularkan nyamuk dan mengakibatkan gejala demam tinggi disertai rasa nyeri dibagian sendi dan hampir mirip dengan demam berdarah dengue dimana Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk dan biasanya sangat rentan di musim penghujan.

Penyebab chikungunya

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan seseorang terkena penyakit chikungunya yaitu dikarenakan infeksi virus chikungunya atau biasa dikenal dengan virus CHIKV.

Virus Ini pertama kali teridentifikasi tahun 1953 di daerah Tanzania Afrika dan selanjutnya dari negara Afrika virus tersebut menyebar ke Asia selanjutnya Amerika sampai Eropa.

Selanjutnya untuk Indonesia penyakit chikungunya untuk masalah penyebarannya hampir mirip dengan penyakit DBD dan zika, malahan pernah menyebabkan wabah atau kejadian luar biasa di Indonesia dikarenakan menyerang ratusan warga sehingga patut untuk diwaspadai.

Cara penularan chikungunya

Menurut organisasi kesehatan dunia Apabila penyakit ini bisa menular dari satu penderita ke penderita lain melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dan nyamuk aedes albopictus dimana disaat nyamuk tersebut terinfeksi virus chikungunya selanjutnya menggigit penderita yang terinfeksi virus chikungunya maka nyamuk bisa menyerap virus di dalam darah penderita dan selanjutnya virus ini berkembang biak di dalam tubuh nyamuk.

Selanjutnya untuk nyamuk yang sudah terinfeksi virus chikungunya ketika menggigit manusia maka bisa tertular penyakit tersebut. Selanjutnya untuk waktu yaitu hanya membutuhkan satu minggu dan setelah menjadi biang penularan penyakit maka nyamuk penyebab chikungunya dapat menyebarkan virusnya untuk seumur hidup.

Cara mencegah chikungunya

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk mencegah penyakit chikungunya diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Selalu menjaga kebersihan tempat tinggal yaitu Anda tinggal membersihkan wadah atau tempat penampungan air yang memang sangat rentan menjadi tempat berkembangnya nyamuk.
  2. Di saat musim penghujan yang identik menjadi musim nyamuk silakan memakai pembasmi serangga untuk mengendalikan populasi nyamuk
  3. Untuk memberikan perlindungan di saat ada temuan kasus chikungunya maka pakailah pakaian yang aman dari gigitan nyamuk
  4. Selalu rajin memakai krim atau lotion anti nyamuk di area kulit yang memang tidak terlindungi oleh pakaian.
  5. Anda bisa memasang kelambu di tempat tidur atau memakai kasa perangkap nyamuk untuk meminimalkan akses nyamuk ke dalam rumah sehingga tidak menggigit.
Previous articleBerita Verrel Bramasta Meninggal Dipastikan HOAX
Next articleKapolri Mutasi Perwira Tinggi Sampai Jubir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here