Home Dalam Negeri Bacaan Niat Puasa Rajab 2022 Terlengkap

Bacaan Niat Puasa Rajab 2022 Terlengkap

319
0
Niat Puasa Rajab 2022
Niat Puasa Rajab 2022

SMARTLAPAK.COM – Bacaan Niat Puasa Rajab 2022 Terlengkap Seperti diketahui apabila bulan ini sudah memasuki bulan Rajab dan Sudah menjadi kebiasaan bagi umat muslim yang ada di dunia termasuk di Indonesia untuk puasa Rajab. Puasa Sunnah di bulan Rajab memang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dengan mempunyai banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan oleh umat muslim yang berpuasa akan tetapi bagi Anda yang memang ingin berpuasa maka berikut adalah niat puasa Rajab 2022 arab disertai latin.

Niat puasa Rajab 2022 pastinya masih sama dengan niat di tahun yang lalu di mana ada perbedaan yang harus anda ketahui apabila niat Sunnah puasa Rajab seperti dikutip dari laman NU online riwayat Imam Ghozali jika puasa ini termasuk salah satu puasa sunnah yang dianjurkan pada hari yang mempunyai kemuliaan di dalam agama Islam dan dilakukan hanya beberapa hari dan tidak boleh puasa selama satu bulan penuh.

Imam Al Ghazali menganjurkan puasa sunnah Rajab hanya beberapa hari dan dimakruhkan puasa Rajab selama satu bulan penuh dikarenakan hal tersebut dianggap menyerupai puasa bulan Romadhon dan dianjurkan puasa ini dilakukan saat bertepatan dengan hari utama supaya anda mendapatkan pahala yang lebih besar.

Imam Ghozali menganjurkan pelaksanaan Puasa bulan Rajab yaitu pada ayyamul bidh tepatnya pada tanggal 13-14 dan tanggal 15 atau pada hari Senin dan hari Kamis atau hari Jumat dan hal ini tertulis pada kitab Ihya Ulumuddin karangan Imam al-ghazali juz 3 halaman 432.

Niat puasa Rajab 2022

Untuk waktu niat puasa Rajab yaitu pada malam hari tegasnya sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar dan untuk pembacaan lafal niat puasa Rajab diantaranya adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: “Nawaitu sauma rojaba sunnatan lillahi ta’ala”

Artinya: “Aku berniat puasa Rajab sunnah karena Allah Ta’ala.”

Terkait masalah ketentuan pembacaan niat puasa Rajab yang termasuk puasa sunnah maka bagi Anda yang lupa niat di malam hari ternyata Anda boleh niat pada siang harinya yaitu dari pagi hari sampai sebelum tergelincir matahari dengan syarat tidak melakukan hal yang membatalkan puasa.

Adapun niat puasa Rajab pada siang hari ya itu sedikit berbeda dengan niat pada malam hari dan untuk niatnya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا الْيَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: “Nawaitu sauma hadzal yaumi ada Syahri rojaba sunnatan lillahi ta’ala”

Artinya: “Saya berniat puasa sunnah bulan Rajab pada hari ini karena Allah Ta’ala.”

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT dan termasuk bulan hijriyah yang sangat mulia di dalam ajaran Islam di mana seluruh amalan puasa yang dianjurkan pada bulan Rajab yaitu puasa sunah yang sudah lazim dilakukan seperti bulan lainnya seperti puasa Sunah Senin dan Kamis sampai puasa sunnah ayyamul bidh.

Previous articleMengenal Karakter Kamisato Ayato di Games Genshin Impact
Next articlePasal Bagi Orang Berpura-pura Jadi Korban Kecelakaan Untuk Memeras

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here