Home Kesehatan 4 Cara Aman Memanaskan Kembali Nasi Yang Sudah Dingin

4 Cara Aman Memanaskan Kembali Nasi Yang Sudah Dingin

211
0
Memanaskan Kembali Nasi
Memanaskan Kembali Nasi

SMARTLAPAK.COM – 4 Cara Aman Memanaskan Kembali Nasi Yang Sudah Dingin Di masyarakat Indonesia terutama di beberapa wilayah ada sebuah kepercayaan yaitu tidak boleh memanaskan kembali nasi yang sudah dingin dikarenakan tidak sehat dan berbahaya. Pastinya kepercayaan tersebut tidaklah semuanya benar akan tetapi dimungkinkan untuk memanaskan kembali nasi maka anda harus berhati untuk memastikannya apakah aman untuk kembali dikonsumsi atau tidak.

Berikut ini adalah 4 cara aman memanaskan kembali nasi yang sudah dingin yang bisa Anda coba di rumah dikarenakan nasi lebih makanan sisa yang lain karena di dalamnya bisa mengandung bakteri bernama bacillus cereus yang biasa bertahan pada proses memasak.

Selanjutnya bakteri bacillus cereus menjadi salah satu bakteri yang menjadi penyebab keracunan makanan dari nasi yang dipanaskan kembali atau dimasak kembali dan selanjutnya keracunan makanan tersebut biasanya mengakibatkan diare mual dan muntah.

Malahan yang paling parah menurut penelitian medical News today bisa mengakibatkan komplikasi parah pada orang dengan masalah kesehatan tertentu akan tetapi demikian, ada beberapa corak yang bisa anda lakukan untuk memasak nasi yang baik dan benar.

Cara Aman memanaskan kembali nasi yang sudah dingin

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memanaskan kembali nasi yang telah dingin dan cara ini merupakan cara paling aman untuk Anda lakukan.

Mencuci tangan dengan baik

Sebelum anda memanaskan kembali nasi maka selalulah mencuci tangan dengan bersih anda bisa memisahkan peralatan yang sudah menyentuh produk hewani mentah dan peralatan yang masih bersih dan hal ini patut untuk anda perhatikan.

Masak nasi dengan benar

Ketika proses memasak kembali nasi maka silakan Anda memastikan suhu yang tinggi dan sajikan nasi segera setelah dimasak kembali.

Dinginkan sisa makanan secara cepat

Untuk mengurangi pertumbuhan bakteri Anda bisa mendinginkan makanan secara cepat yaitu dengan membagi makanan ke dalam wadah makanan yang dangkal dan meninggalnya dengan penutup, anda bisa menempatkan makanan panas langsung ke dalam lemari es atau freezer dan jangan meninggalkan nasi atau makanan panas lainnya selama lebih dari 1 jam dalam keadaan terbuka.

Proses pemanasan ulang

Selanjutnya untuk memanaskan kembali nasi maka anda harus memastikan nasinya benar-benar panas dan berikut adalah cara memanaskan asi dengan mengukus:

Silakan Anda menempatkan nasi di dalam panci dengan satu atau dua sendok makan mentega atau minyak.

Silakan tambahkan satu atau dua sendok makan air untuk setiap cangkir nasi lalu didihkan dan tutup panci dan jangan lupa aduk sesekali.

Sajikan secepatnya apabila masih panas

Dipastikan aman untuk makan nasi dingin asalkan sudah didinginkan dan disimpan dengan benar dan jangan meninggalkan nasi yang sudah dipanaskan di atas meja.

Previous articlePesan DPR Usai RUU IKN Disahkan
Next articleHarga Minyak Goreng Turun Jadi Rp14.000 Per Liter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here