Home Kabar Viral 3 Amalan Nisfu Syaban 2022 Yang Sangat Dianjurkan

3 Amalan Nisfu Syaban 2022 Yang Sangat Dianjurkan

232
0
Amalan Nisfu Syaban 2022
Amalan Nisfu Syaban 2022

SMARTLAPAK.COM – 3 Amalan Nisfu Syaban 2022 Yang Sangat Dianjurkan Memasuki bulan Sya’ban yang menjadi salah satu bulan istimewa bagi umat muslim seluruh dunia termasuk di Indonesia yaitu Nisfu Sya’ban. Malahan banyak hadits Rasulullah SAW yang memberikan kelebihan Ketika seseorang beribadah dan mengerjakan amal baik pada malam Nisfu Sya’ban yang pastinya sangat recommended untuk dilaksanakan oleh umat muslim. Ada beberapa amalan Nisfu Sya’ban 2022 yang patut Anda ketahui dan anda lakukan.

Nisfu syakban 2022 tinggal menghitung hari dimana diperkirakan akan jatuh pada hari kamis dan jumat atau tanggal 17 dan 18 Maret 2022 dimana pada malam tersebut sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT apalagi menjadi amalan terakhir ditutupnya buku amalan manusia yang akan diangkat ke langit.

Salah satu hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Usamah bin Zaid dirinya sempat berkata kepada Rasulullah jika dirinya tidak pernah melihat Rasul berpuasa sebanyak di bulan Sya’ban dan selanjutnya Nabi Muhammad SAW berkata apabila Sya’ban adalah bulan yang tidak banyak diperhatikan orang di antara bulan Rajab dan Ramadhan, selanjutnya Saban adalah bulan saat berbagi amalan diangkat kepada Allah SWT sehingga Rasul suka dengan amalan yang diangkat ketika beliau berpuasa.

Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Nasa’i di atas, sebetulnya sangat menunjukkan apabila sakban terutama Nisfu Sya’ban menjadi salah satu bulan yang sangat penting untuk diperhatikan oleh umat muslim terutama bagi para penganut empat manfaat seperti Imam Syafi’i di mana biasanya bagi warga Nahdlatul Ulama, ketika memasuki Nisfu Sya’ban ada beberapa amalan yang biasa dilakukan diantaranya membaca surat Yasin sebanyak 3 kali.

3 Amalan Nisfu Syaban 202

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja amalan yang harus dilakukan ketika memasuki Nisfu Sya’ban, maka Berikut ini adalah penjelasannya.

Memperbanyak berdoa

Malam Nisfu syakban dikenal dengan Laila al-ijabah yaitu malam terbaik di ijabah seluruh doa oleh Allah SWT sehingga sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa pada malam Sya’ban dan dan hal ini bisa dilakukan dengan cara apapun seperti rajin membaca Alquran, membaca sholawat dan dzikir.

Dianjurkan pada malam Nisfu Sya’ban untuk memperbanyak doa dan juga berdzikir Salah satunya yaitu membaca surat Yasin sebanyak 3 kali yang selanjutnya disusul dengan doa setelah membaca surat Yasin dan untuk doanya nya adalah sebagai berikut:

Apabila Anda selesai membaca surat Yasin pertama maka niatkan bacaan Surat Yasin agar anda dan keluarga diberikan umur panjang.

Apabila Anda selesai membaca surat Yasin kedua maka diniatkan bacaan Surat Yasin tersebut supaya Anda dan keluarga diluaskan rezeki yang halal untuk digunakan ibadah kepada Allah SWT.

Apabila Anda selesai membaca surat Yasin ke-3 maka diniatkan bacaan tersebut supaya Anda ditetapkan iman Islam sampai meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah.

Selanjutnya dianjurkan setelah anda membaca surat Yasin sebanyak 3 kali yaitu Anda memperbanyak doa berikut ini:

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ

Berpuasa

Selanjutnya amalan yang sangat dianjurkan ketika memasuki malam Nisfu Sya’ban yaitu berpuasa pada siang hari Nisfu Sya’ban dan selanjutnya dianjurkan mengerjakan salat pada malam hari dan hal ini sering dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam seperti salah satu Haditsnya yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Tholib.

Rasulullah SAW berkata apabila tiba malam Nisfu Sya’ban maka shalatlah kalian pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya. Dikarenakan rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia disaat tersebut sejak terbenam matahari. Allah SWT berfirman, adakah orang yang meminta ampun maka akan aku ampuni dan Adakah yang meminta rezeki maka akan aku berikan rezeki untuk mereka dan Adakah orang yang terkena musibah maka akan dilindungi dan hal demikian sampai terbit fajar. HR Imam Ibnu Majah.

Namun harus anda ketahui apabila puasa Nisfu syakban hanyalah sunnah dan tidak diharuskan untuk dikerjakan akan tetapi jika anda ingin mendapatkan ganjaran yang lebih maka recommended untuk berpuasa.

Memperbanyak Baca Alquran

Selanjutnya amalan ketiga yang sangat direkomendasikan Anda lakukan pada malam Nisfu Sya’ban yaitu membaca Alquran dikarenakan hal ini sangat penting dan salah satu keterangan dari kholidin melalui kitabnya untuk surat yang sangat bagus dibaca disaat nisfu Sya’ban yaitu surat al-waqiah.

Previous articleCEO RANS Entertainment Ternyata Bukan Raffi Ahmad
Next articleJadwal & Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here